Mobil Kiat Esemka Akan Diproduksi Massal

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Untuk mengembangkan produksi mobil Kiat Esemka, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh telah melakukan diskusi dengan Menteri Perindustrian M.S. Hidayat.

Diskusi ini menurut M. Nuh bertujuan untuk memberikan dukungan dari aspek Kementerian Perindustrian, sehingga nantinya produk mobil Kiat Esemka ini bisa diproduksi secara massal.

"Tapi juga bisa bergandengan tangan dengan BUMN, swasta, nasional. Sebagai bagian dari wadah untuk menampung kreasi dari anak-anak kita," kata M. Nuh di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 5 Januari 2012.

Menurut M. Nuh, saat ini mobil Kiat Esemka tengah memasuki fase uji lapangan, setelah itu pada fase terakhir akan melalui uji emisi.

"Harapannya, kalau uji emisi itu sudah dilakukan, maka selesai semua. Maka barulah masuk pada fase komersialisasi," ungkapnya.

M. Nuh pun berniat untuk menjadi pelopor dalam penggunaan mobil Esemka sebagai mobil dinas kementerian.

"Tentu harus dipelopori, saya sendiri harus mempelopori. Sebagai bagian dari itu juga, tidak hanya di kementerian, kita kan punya dinas-dinas pendidikan yang memakai produk hasil buatan anak-anak siswa SMK," ujarnya.

M. Nuh mengatakan, sebelum produk mobil Kiat Esemka, beberapa produk buatan siswa SMK lainnya juga sudah digunakan oleh dinas dan kementerian.

"Laptop sudah kita pakai, LCD juga sudah. Karena sudah selesai uji dan lulus semuanya," tuturnya. (eh)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024