VIDEO: Robot Terbang Karya Anak Negeri

Robot Kolibri, Pelacak Korban Bencana
Sumber :
  • youtube.com

VIVAnews - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada berhasil menciptakan sebuah robot yang dapat mendeteksi korban bencana alam. Robot yang dinamakan Quadcopter ini merupakan hasil karya Fakultas MIPA UGM.

Robot ini mungkin satu-satunya robot hasil karya anak negeri yang dapat terbang di Indonesia. Selain memiliki empat pengungkit baling-baling, robot ini juga memiliki alat GPS yang dapat mengirimkan posisi ordinat.

Menurut sang pencipta, robot ini dibuat dengan bahan daur ulang yang murah. Rangka robot terbuat dari teralis jendela dan alumunium jemuran. Hanya alat sensor elektrik yang harus dibeli dengan harga mahal.

Ide awal pembuatan robot ini didasarkan pada kondisi geografi Indonesia yang rawan bencana dan soal pencarian korban yang sering terkendala cuaca. Robot yang dapat terbang ini dirancang sebagai solusi untuk mencari korban bencana alam.

Meski belum pernah diuji coba langsung di daerah bencana, namun robot ini sudah pernah dites di ajang olimpiade robot internasional yang digelar di Universitas Tarumanegara pada akhir Desember 2011. Dalam ajang yang diikuti 13 negara itu, Quadcopter berhasil meraih posisi pertama dan mendapat medali emas.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Tonton videonya di sini.

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahawa pemain keturunan tidak dibayar supaya mau dinaturalisasi dan membela TImnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024