Soekarwo Ancam Pecat Kader Demokrat Penipu

Soekarwo alias Pakde Karwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Jawa Timur Soekarwo mengancam memecat 11 kadernya jika terbukti terlibat kasus penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pakde Karwo--panggilannya--juga memerintahkan Tim Klarifikasi dan Advokasi Internal PD Jatim segera melaporkan Elizabeth Susanti atas tudingan pencemaran nama baik.

"Saya perintahkan menggugat, jika memang tidak bersalah itu harus dilakukan. Tapi, saya juga akan pecat jika ada kader partai yang terlibat penipuan CPNS," kata Soekarwo yang kini menjabat Gubernur Jawa Timur, Jumat, 20 Januari 2012.

Sebelumnya, terkait kasus ini lima orang tim advokasi telah memeriksa 11 kader PD yang dituduh Elizabeth Susanti terlibat kasus penipuan CPNS di lingkungan Pemprov Jatim, termasuk Sekda Provinsi Jatim Rasiyo.

Hasil pemeriksaan tim menyimpulkan lima hal. Mengakui ada beberapa kader PD termasuk Hartoyo mengenal Elizabeth. Membantah adanya persekongkolan dalam kasus penipuan CPNS maupun membantu pelarian Elizabeth Susanti yang berstatus tahanan. Menilai Elizabeth tidak konsisten, berubah-rubah dalam pemberian keterangan, dan tidak adanya alat bukti yang meyakinkan.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Tersangka penipuan CPNS, Elizabeth Susanti, warga Blora Jawa Tengah, ditangkap Polrestabes Surabaya dan 'bernyanyi' tentang keterlibatan sejumlah pejabat dan kader PD dalam penipuan CPNS. Nama pejabat yang dia sebut adalah Sekda Jatim Rasiyo dan Ketua Organisasi Kepemudahan dan Kemasyarakatan (OKK) DPD Partai Demokrat Jatim Hartoyo. Kepada mereka Elizabeth mengaku mentransfer Rp10 miliar.

Elizabeth juga pernah membagikan testimoni tentang kronologi pertemuannya dengan beberapa pihak, termasuk dengan Rasiyo dan 11 anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD Jatim. Pertemuan di sebuah hotel itu untuk mengatur mekanisme penerimaan CPNS.

Di testimoninya, Elizabeth mengungkapkan kasus penipuan ini berawal dari pertemuan tertutup di sebuah hotel di Surabaya pada Mei 2009. Pertemuan itu dihadiri Sekda Jatim Rasiyo dan Hartoyo yang merupakan mantan suami siri Elizabeth. 

"Saat itu Rasiyo baru menjabat, dan memerintahkan kepada saya dan mantan suami saya, Hartoyo, untuk mencari orang-orang yang akan masuk jadi pegawai CPNS di Provinsi Jatim," katanya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengakui kurangnya armada KA Feeder yang beroperasi merupakan salah satu masalah yang dimiliki oleh KA Cepat Whoosh

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024