Bima Rusuh, Wilayah Lain Waspada

Kantor Bupati Bima dibakar massa
Sumber :
  • VIVAnews/Edy Gustan

VIVAnews - Peristiwa pembakaran Kantor Bupati Bima pada 26 Januari 2012 lalu, dikhawatirkan akan berdampak ke sejumlah daerah lain di Nusa Tenggara Barat. Terutama di Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu Bambang M Yasin yang ditemui wartawan di Mataram mengatakan, peristiwa pembakaran kantor Bupati Bima juga akan berdampak pada masyarakat Dompu. Bagaimana tidak, peristiwa itu dikhawatirkan dapat berpengaruh pada investor serta pariwisata Dompu.

Lagipula Kabupaten Bima merupakan pintu masuk ke kabupaten yang dikenal dengan sumber daya alamnya, yakni jagung. "Tentu peristiwa di Bima bisa berdampak bagi Dompu. Kami khawatir pembeli jagung kami enggan datang ke Dompu," kata Bambang, Rabu 1 Februari 2012.

Kabupaten Dompu yang secara geografis berdekatan dengan Kabupaten Bima, kini terpaksa harus meningkatkan keamanannya. Bahkan, pemerintah Kabupaten Dompu juga lebih giat berkomunikasi dengan masyarakatnya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi anarkisme dari masyarakat, seperti yang terjadi di Bima.

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini pemerintah Dompu terus berupaya meyakinkan masyarakatnya bahwa situasi di Dompu kondusif. Terlebih daerah itu juga memiliki kawasan pertambangan emas yang saat ini dalam tahap eksplorasi. Artinya banyak peluang investor masuk ke Dompu untuk ikut mengembangkan salah satu Kabupaten di NTB itu.

Kabupaten Dompu memiliki kawasan pertambangan emas yang luasnya mencapai 20.000 hektar di hu'u. Kawasan pertambangan emas tersebut dikelola oleh PT. Sumbawa Timur Mining yang sudah mengantongi Kontrak Karya dari Pemerintah Pusat sejak tahun 1998. PT. Sumbawa Timur Mining itu, lanjut Bambang, mengeluarkan dana hingga Rp 13 miliar per bulan.

Terkait dengan itu, Pemerintah Dompu terus melakukan sosilisasi dengan masyarakat akan pentingnya keberadaan tambang emas di Dompu. Lagipula perusahan tersebut baru pada tahap eksplorasi sehingga dibutuhkan uji flexibilitas dan persiapan tehnologi penambangan. Selanjutnya baru akan melangkah ke proses analisis dampak lingkungannya. 

"Kegiatan eksplorasi itu kan sebenarnya kegiatan untuk membantu kita yang punya daerah. Kalau yang selama ini katanya-katanya ada emas, maka diperlukan eksplorasi agar kita dapat jawabannya apakah memang ada potensi emas itu," ujarnya.  (umi)

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024