Wakapolri Diminta Mundur Bila Jadi Cagub

Polri: Nanan Sukarna
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan meminta Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna mengundurkan diri dari jabatannya di institusi Polri apabila yang bersangkutan berniat bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2013 mendatang.

“Saudara Wakapolri infonya ada niat mulai mengumpulkan dukungan menjadi Gubernur Jabar? Kalau memang iya, bisa mengundurkan diri,” kata Trimedya dalam rapat Komisi III dengan Polri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 1 Februari 2012.

Politisi PDIP itu lantas mencontohkan mantan Wakapolri Adang Daradjatun yang dahulu juga mengundurkan diri ketika mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta. “Pak Adang dulu juga mundur sewaktu menjadi cagub, supaya institusi jangan terseret-seret (dalam politik),” kata Trimedya.

Dalam kesempatan itu, Trimedya juga menyentil tiga jabatan yang dipegang Nanan di luar institusi Polri. “Saudara Wakapolri ini punya tiga jabatan prestisius – Ketua Ikatan Motor Indonesia, Ketua Umum PB Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia), dan Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia,” papar Trimedya.

“Semua (jabatan itu terkait) yang mahal-mahal. Kalau kata (pimpinan KPK) Pak Busyro Muqoddas, hedonis,” ujar Trimedya. Ia rupanya hendak mengingatkan Nanan agar tidak berperilaku hedon. “Supaya kita sama (Polri dan DPR tidak hedon),” imbuh Trimedya.

Nanan sendiri membantah kabar soal niatnya maju menjadi calon gubernur Jawa Barat. “Nggak punya uang, nggak punya partai,” kata dia. (umi)

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024