Menhub: Ada Pilot Lari Saat Tes Urine

EE Mangindaan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan bahwa uji narkoba setiap enam bulan sekali kepada pilot tidak menjamin sang pilot akan bebas narkoba. Maka itu, Mangindaan menyarankan agar dilakukan tes urine setiap akan terbang, atau beberapa hari sebelumnya.

"Apa enam bulan itu menjamin tidak pakai? Makanya kami imbau perusahaan penerbangan melakukan tes urine pada saat mereka akan terbang atau beberapa hari sebelum terbang," kata Mangindaan di Surabaya, Jawa Timur, Senin 13 Februari 2012.

Bagi pilot yang terbukti positif pakai narkoba, Kementerian mengusulkan untuk mencabut surat izin terbang yang dimiliki. Bahkan, Mangindaan menemukan kasus menarik di Bandara Soekarno-Hatta.

Dua hari lalu sempat dilakukan tes urine para pilot di bandara itu. "Ternyata, masih ada tiga yang positif, bahkan ada yang lari tidak mau diperiksa," kata menteri yang juga anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat ini.

Kementerian Perhubungan menggandeng Badan Narkotika Nasional untuk membersihkan pengaruh narkoba dari pilot. Menurut informasi yang diterima Mangindaan, masih banyak pilot yang menggunakan narkoba.

Kerjasama dengan BNN itu dilakukan untuk menjaga keselamatan sektor transportasi. "Tidak hanya untuk para pilot tapi juga di darat. Di Jakarta saja yang terjadi kecelakaan juga akibat penggunaan narkoba," kata Mangindaan. (kd)

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah
Petugas dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Metropolitan Tangerang melakukan perekaman data pemohon SIM di Mal Pelayanan Kantor Pemerintahan Kota Tangerang, Tangerang, Banten

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Masa berlaku SIM memiliki batas waktu, dan perlu diperpanjang sebelum habis. Pada hari

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024