Kisah Perjalanan Mobil Esemka Solo-Jakarta

Mobil Esemka Diarak Ribuan Warga Solo
Sumber :
  • Fajar Sodiq/ VIVAnews, Solo

VIVAnews - Mobil karya murid-murid SMK, Esemka usai menempuh perjalanan jauh Solo-Jakarta pulang pergi. Untuk menjalani proses uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tangerang.

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang duduk di balik kemudi menceritakan apa yang terjadi selama perjalanan Esemka, yang namanya melejit setelah jadi mobil dinas pemimpin Solo, termasuk Walikota, Joko Widodo.

Dia mengatakan, selama perjalanan, banyak masyarakat dan pengguna jalan yang memotret. Banyak juga yang mengacungkan jempol ke arah Esemka yang melaju.

"Di semua jalur yang kami lalui, hampir semua masyarakat yang melihat rombongan mobil Esemka langsung memotret melalui kamera handphone. Selain itu, mereka juga mengacungkan jempol sebagai bentuk dukungan terhadap mobil hasil karya anak bangsa,” kata Hadi Rudyatmo kepada VIVAnews.com.

Sambutan yang luar biasa terlihat ketika mobil Esemka memasuki wilayah Kota Solo, Selasa, 28 Februari 2012. Di gerbang masuk kota, di Kleco, digelar prosesi penyambutan.

Tak hanya pejabat dari lingkungan Pemerintah Kota Solo maupun Kapolresta yang ikut menyambut, namun sejumlah komunitas seperti Sepeda Onthel Kuno dengan berbagai atribut kebesarannya ikut mengiringi kedatangan mobil tersebut. Ada juga barisan butho cakil tak ketinggalan ikut meramaikan arak-arakan penyambutan mobil Esemka.

Wujud kebanggaan terhadap mobil Esemka terlihat dari sambutan pelajar dan warga masyarakat yang jumlahnya mencapai ribuan orang. Mereka berdiri di pinggir jalan yang dilalui iring-iringan mobil Esemka, mulai dari Kleco hingga Solo Techno Park. “Saya sangat terharu dengan sambutan warga Solo. Ini sebagai bentuk penghargaan terhadap mobil karya siswa SMK,” kata Rudy.

Membludaknya jumlah pelajar maupun masyarakan umum yang mengelu-elukan kedatangan mobil Esemka, bukan berarti Esemka hanya ikon kota Solo, tapi  telah menjadi ikon bangsa Indonesia: bahwa anak bangsa memiliki kemampuan  untuk membuat mobil. “Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga."

Lebih lanjut, dia mengungkapkan berdasarkan pengalaman menyetir mobil Esemka dari Solo-Jakarta maupun sebaliknya, menunjukkan bahwa mobil Esemka sangat nyaman dan aman untuk dikendarai. “Tidak mengalami hambatan maupun masalah, baik rem, kopling, persneling, ban, mobilnya maupun lain-lainnya. Mengisi angin ban saja tidak,” paparnya.

Dengan hasil tersebut, ia pun berharap supaya pemerintah pusat melalui Dirjen Perhubungan Darat segera mengeluarkan sertifikat uji tipe. Harapannya supaya mobil tersebut bisa segera diproduksi secara massal. “Saya sih optimis lulus uji emisi,” kata dia dengan penuh harap.

Selanjutnya, ia mengungkapkan jika lolos uji emisi. Maka paling lambat bulan Juni semua perlengkapan infrastruktur pembuatan mobil Esemka sudah rampung. Sehingga pada bulan tersebut, kegiatan produksi mobil tersebut sudah bisa dilakukan. “Tiga bulan ke depan untuk menyiapkan semua infrastruktur,” terangnya.
 
Dengan demikian, lanjut Rudy, diharapkan mobil Esemka sudah bisa dilaunching pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan  RI, Agustus nanti. “Sesuai target dari Pak Jokowi, 17 Agustus nanti, mobil Esemka sudah bisa dilaunching. Para pejabat di lingkungan Pemkot Solo akan menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan mobil dinasnya,” ucapnya.

Sementara itu, terkait keberhasilan mobil Esemka melibas jalan di sepanjang jalur Solo-Jakarta maupun sebaliknya, Rudy pun mengucapkan sujud syukur dengan mencukur habis rambutnya. “Saya menggunduli rambut kepala sebagai bentuk nazar. Karena selama perjalanan berangkat maupun pulang tanpa menemui halangan,” tuturnya. (umi)

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024