Padang dan Jember Diguncang Gempa

Peta pusat gempa dunia
Sumber :
  • http://denali.gsfc.nasa.gov/dtam/

VIVAnews - Dua gempa dangkal mengguncang Tanah Air pagi ini. Gempa pertama terjadi di Padang, Sumatera Barat, dengan kekuatan 4,7 skala richter sekitar pukul 04.37 WIB. Gempa kedua terjadi di Jember, Jawa Timur dengan kekuatan 5,1 SR sekitar pukul 06.09 WIB.

Gempa pertama yang terjadi di Padang pada Kamis pagi 29 Maret 2012 membuat warga panik. Gempa yang terjadi menjelang salat Shubuh itu sempat membuat sejumlah warga panik dan keluar rumah.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa berada kedalaman 62 kilometer, 19 kilometer barat daya Kota Padang. Kekuatan gempa mencapai 4,7 Skala Richter dan terjadi pukul 04.37 WIB.

Selain di Padang, gempa juga dirasakan di sejumlah daerah seperti Painan, Padang Panjang dengan kekuatan II sampai III MMI (modified mercalli intensity).

Gempa yang terjadi dirasakan cukup kuat di Padang. Sejumlah peralatan di dalam rumah ikut bergoyang karena guncangan gempa. Sejauh ini, tidak ada laporan kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat gempa.

Gempa kedua terjadi di Jember sekitar pukul 06.09 WIB. Menurut BMKG gempa berada di sekitar 129 kilometer arah barat daya Jember. Pusat gempa berada di kedalaman 15 kilometer. Belum ada laporan terkait korban jiwa, luka-luka, dan kerusakan berat akibat gempa Jember.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya
Dua WNI

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Problem tertukar visa hingga boarding pass buat rencana perjalanan itu terhambat, sementara pada waktu sangat singkat tersebut mereka diharuskan mendapat statement letter

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024