Menteri Marie Elka Pangestu

Gempa Aceh, Kapal Pesiar Tak Kapok Datang

Kapal pesiar mewah Azamara Quest
Sumber :
  • Azamara Club Cruises

VIVAnews – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu menegaskan jika sektor pariwisata tak terpengaruh dengan gempa kuat yang melanda Sumatera kemarin. Mari mengaku tak ada pembatalan sejumlah kunjungan wisatawan melalui kapal cruise atau kapal pesiar.

“Hingga saat ini tak ada pembatalan kunjungan kapal cruise ke Indonesia. Industri pariwisata tak terpengaruh dengan isu-isu seperti itu,” kata Mari di sela Workshop Cruise Internasional di Kuta, Bali, Kamis 12 April 2012.

Yang terpenting, kata dia, adalah penyampaian informasi yang cepat kepada wisatawan mengenai situasi yang terjadi. “Yang terpenting adalah informasi yang jelas. Kita sudah banyak belajar dari pengalaman yang lalu. Apalagi ini (gempa dan informasi tsunami) bukan yang pertama kali terjadi. Sekali lagi yang pentign adalah penjelasan informasi dini,” papar dia.

Ada tiga hal yang mesti dilakukan di industri pariwisata terkait dengan isu kebencanaan seperti gempa dan tsunami. “Kecepatan informasi, koordinasi dan penanganan di lapangan,” ulas Mari. Jika dipersempit kepada industri kapal cruise, maka dia tak rentan terhadap hal seperti itu semisal gempa dan tsunami. “Untuk kapal cruise grafiknya tetap naik,” ungkap Mari.

Sejauh ini, sambung Mari, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan situasi kegempaan.
Soal target jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2012, Mari juga menegaskan tak ada perubahan akibat gempa yang terjadi di Sumatera sore kemarin.

“Target tak berubah, tetap 8 juta wisatawan untuk 2012 dan diharap di tahun 2014 target kunjungan wisatawan menjadi 10 juta. Dana untuk promosi kita juga tetap Rp7 miliar, tak ada penambahan pasca-musibah itu,” imbuh Mari.

Seperti diketahui, dua gempa dengan skala besar terjadi di perairan dekat Aceh, Rabu 11 April 2012, hanya berselang hitungan jam. Lindu pertama mengguncang pukul pukul 15.38  dengan kekuatan 8,3 skala Richter versi BMKG atau 8,6  SR versi USGS. Gempa kembali terjadi pukul 17.43 WIB, dengan kekuatan 8,1 SR. (adi)

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional
Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Syaikhu Bicara Peluang PKS Gabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu turut buka suara soal peluang akan gabung atau tidak ke Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024