Polisi Tangkap Terduga Otak Teror di Aceh

Korban penembakan di Aceh Besar
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Kepolisian Aceh telah menangkap Ayah Banta, terduga otak pelaku teror jelang Pilkada dan penembakan para pekerja asal Pulau Jawa di Aceh pada awal Januari lalu. Dia ditangkap di Desa Lhok Beuringen, Kecamatan Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Gustav Leo mengatakan, dia ditangkap tim gabungan Polda Aceh, Polres Aceh Utara, dan Densus 88 Mabes Polri, sekitar pukul 2.30 WIB, Minggu dinihari.

"Mereka terkait  penembakan di beberapa TKP di Aceh, dan merupakan otak dari kelompok yang telah ditangkap sebelumnya," kata Gustav, Minggu 15 April 2012.

Selain Vikram alias Ayah Banta, polisi juga menangkap M Joni, di desa Matang Drien Kecamatan Jambo Aye, Aceh Utara. Dia juga diduga terkait aksi penembakan dan teror jelang pilkada Aceh.

"Tersangka masih dalam pengembangan lapangan untuk mencari barang bukti lainnya," sebutnya.

Di wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe, Ayah Banta dikenal sebagai komandan operasi perakit Bom Gerakan Aceh Merdeka (GAM), saat konflik masih berkecamuk di Aceh. Usai damai, dia bergabung dengan Partai Aceh.

Sebelumnya, polisi telah menangkap 7 orang yang diduga terkait aksi teror dan penembakan jelang Pilkada Aceh. Mereka ditangkap di Aceh Utara dan Aceh Besar. Satu di antaranya tewas ditembak polisi di Desa Limpoek, Darussalam Banda Aceh. Para tersangka kini ditahan dibawah pengawasan Mabes Polri di Jakarta, sebelum mendapat putusan hukum tetap. (art)

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024