Korban Sukhoi Tidak Akan Dikubur Massal

jenazah tiba di lanud Halim
Sumber :
  • REUTERS/Supri

VIVAnews - Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia, Kombes Anton Castilani menegaskan bahwa seluruh korban Sukhoi akan dikembalikan ke pihak keluarga. Korban tidak akan dikubur massal.

"Semua korban akan dikembalikan ke keluarga," ujar Anton di RS Polri, Jakarta Timur, Sabtu, 12 Mei 2012.

Tim DVI Indonesia juga sudah meminta ke kedutaan besar Rusia, Amerika, dan Perancis untuk segera mengirimkan profil DNA atau rumus DNA. Ini dilakukan agar mudah membandingkan dengan hasil pemeriksaan DNA yang diperoleh dari jenazah.

"10 itu adalah 8 warga negara Rusia, 1 Amerika, dan 1 Perancis," kata dia.

Untuk melakukan tes DNA satu persatu, tim memerlukan waktu sekitar 2 minggu. Ini belum termasuk deskripsi dan rekonsiliasi jenazah.

"Jadi sekedar gambaran pada kasus Trenggalek 5 bulan baru selesai dan semua tidak bisa diidentifikasi," ungkapnya.

Oleh karena itu, tidak ada keharusan pihak keluarga untuk menunggu proses identifikasi di RS Polri mengingat pekerjaan Tim DVI Indonesia membutuhkan waktu yang relatif lama.

"Kami sudah punya catatan nomor telpon pihak keluarga yang bisa kami hubungi. Dan pada saatnya nanti pengembalian jenazah kepada pihak keluarga, kami akan beritahukan semua pihak," ujarnya.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Kepada Yasushi  Masaki, Ida Fauziyah berharap terus memperkuat hubungan kerja sama bilateral Indonesia-Jepang, khususnya di bidang ketenagakerjaan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024