VIDEO: Mengenal ATC Sang Polantas Udara

Menara ATC
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Pesawat terbang kini telah menjadi moda transportasi favorit di masyarakat, bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Namun pernahkah Anda berpikir, bagaimana pesawat terbang bisa hilir mudik di angkasa tanpa saling bertabrakan?

Ada satu tempat yang menjadi pusat kendali jalannya pesawat. Pusat kendali itu bernama ATC atau Air Traffic Control. Ini merupakan menara pengawas lalu lintas udara yang mengatur alur pesawat saat terbang.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Penasaran seperti apa cara kerja ATC? Lihat videonya di tautan ini.

ATC merupakan sarana penting yang harus dimiliki setiap bandar udara untuk mengawasai jalan dan aktivitas penerbangan. Menara ATC dapat diibaratkan sebagai menara lalu-lintas udara yang mengatur tiap pergerakan pesawat yang terbang di angkasa.

Bedanya dengan polisi di darat, petugas ATC akan mengatur lalu lintas secara sistematis. Ini tergantung ketinggian jelajah pesawat.

Deputi Senior Bandara Soekarno Hatta, Mulya Abdi, menyatakan bandara Soekarno Hatta memiliki peralatan cukup canggih untuk mengatur arus lalu-lintas penerbangan di wilayah udara Jakarta.

"Cukup baik untuk melayanani 1.700 traffic tiap hari di Jakarta atau wilayah yang berada di wilayah udara Jakarta. Sekitar 700 traffic over flight di Jakarta, 110 untuk take off dan landing," ujarnya.

ATC dibagi 3 unit pengawasan sesuai tingkat ketinggian pesawat. Unit pertama adalah Menara ATC yang bertugas mengatur lalu-lintas di bawah 3.500 kaki.

Menara ATC juga yang memberikan ijin untuk start engine atau menyalakan pesawat untuk tinggal landas. Selain menara ATC ada 2 unit lain, yakni APP (Approach Control Service) jangkauan pengawasan 24.500 kaki, dan ACC (Area Control Centre) yang mengawasi area hingga 46 ribu kaki.

Ketiga unit inilah yang memandu pilot sejak mesin pesawat dihidupkan hingga dimatikan di bandara tujuan.

Sebelum menerbangkan pesawat, maskapai penerbangkan harus mendaftarkan rute, jadwal keberangkatan, dan ketinggian yang akan digunakan selama penerbangan. Data flight plan ini diserahkan ke unit AIS (Aeronautical Instrument Services). Flight plan itu kemudian didistribusikan ke tiga unit ATC di bandara asal dan tujuan agar semua lalu-lintas tercatat.

Seperti ruas-ruas jalan di darat, di angkasa juga ada ruas rute penerbangan. Selain itu terdapat ketentuan ketinggian yang harus dipatuhi pilot agar tidak terjadi tabrakan. (kd)

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024