Bentrok di Ambon, 5 Orang Ditangkap

Bentrokan pawai obor Pattimura di Ambon
Sumber :
  • VIVAnews/Abu Angkotasan

VIVAnews - Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Polisi Sutarman, menyatakan pihaknya sudah memeriksa beberapa orang terkait bentrok Ambon, Selasa 15 Mei 2012 kemarin.

Sutarman menyebut kasus bentrok yang berawal saat pawai obor hari pahlawan nasional Pattimura ini masih dalam proses pemeriksaan oleh penyidik Polda Maluku.

"Sudah ada lima orang yang ditangkap. Mereka diduga melakukan penganiayaan, pengrusakan dan sebagainya. Tapi masih dalam pemeriksaan, apakah akan ditetapkan sebagai tersangka dan seterusnya," kata Sutarman, di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu 16 Mei 2012.

Kelima terperiksa itu berasal dari kedua kelompok, baik peserta pawai atau dari pihak yang melakukan pelemparan. "Pokonya dari yang saling melempar," tegasnya.

Bentrokan terjadi saat kedua kelompok melakukan arak-arakan, iring-iringan dan pawai obor. Namun berujung bentrok ketika salah satu rombongan dilempari oleh kelompok lain di Jalan Rijali dan Tulukabesi, Kota Ambon.

Akibatnya, sebanyak 55 orang terluka, 3 rumah dan 10 sepeda motor hangus terbakar.

"Sekarang kan masalah-masalah kecil, masyarakat kita itu dengan mudah melakukan tindakan-tindakan yang bisa mengakibatkan kerugian, baik luka-luka, jiwa maupun material," ucap Sutarman.

Oleh karena itu, dia berharap, semua masyarakat mengedepankan toleransi. "Kalau kaki terinjak ya bisa minta maaf. Sekarang kan kalau terinjak harus dipukul, penganiaayan dan sebagainya. Itu bukan budaya bangsa kita," katanya. (ren)

Ini Dia Solusi Atasi Berbagai Permasalahan IT dalam Bisnis 
Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih

Kemenpan-RB Tolak Usul Seleksi CASN 2024 Ditunda, Ombudsman Bilang Begini

Ketua Ombudsman RI mengaku tak mempermasalahkan seleksi CASN 2024 tetap dilaksanakan sesuai jadwal asal Kemenpan-RB dapat menjamin tak ada cawe-cawe pihak tertentu.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024