KPK Cek Amblesnya Bangunan Proyek Hambalang

Proyek Hambalang
Sumber :
  • VIVAnews/ Ayatullah Humaeni

VIVAnews -- Kompleks olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat tak hanya dipersoalkan secara hukum. Empat titik tanah di kawasan itu juga diketahui ambles, bahkan rubuh.

Mendengar kabar itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurunkan timnya untuk mengecek. "Tim sudah ke sana, melihat perkembangan proyek tersebut. Apakah benar informasi ada sebagian rubuh," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya, Senin 28 Mei 2012.

Menurut Johan KPK belum bisa menyelidiki terkait teknis amblasnya bangunan Hambalang. Karena proyek yang menelan biaya sebesar Rp1,2 triliun itu berlangsung tahun jamak atau proses pembangunannya masih berlangsung.

"Perlu saya sampaikan bahwa proses pembangunan belum selesai. Dari sisi anggaran kan multiyears, itu tanggung jawab kontraktor," ujar Johan.

Kendati begitu, Johan menyatakan hasil dari investigasi amblasnya salah satu bangunan di Hambalang nantinya dapat dijadikan bahan bagi KPK untuk mengusut penyelidikan proyek Hambalang ke penyidikan.

"KPK tunggu tindaklanjut pemeriksaan. KPK belum bisa lakukan pemeriksaan kenapa itu runtuh. Tapi hasil pemeriksaan (amblasnya bangunan) nanti akan jadi bahan KPK untuk usut kasus Hambalang," ucap Johan yang tidak menyebut lambaga mana yang akan menyelidiki runtuhnya bangunan di Hambalang.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengakui ada sejumlah titik tanah untuk proyek pusat olahraga di Hambalang, Sentul, Jawa Barat, yang ambles.

"Ada empat titik tanah yang ambles," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Yuli Mumpuni, saat berbincang dengan VIVAnews, Senin 28 Mei 2012.

Empat titik itu berada di lokasi untuk pembangunan Hall Bulutangkis, lapangan panahan, ruang genset, dan jalanan di kompleks itu. "Saat ini kami melakukan penelitian menyeluruh mengenai kondisi tanah proyek tersebut dan untuk sementara proyek dihentikan," ujarnya.

Proyek Hambalang menjadi perhatian publik. Karena proyek raksasa itu kerap disebut mantan Bendahara Umum Demokrat M Nazaruddin. Bahkan Kamis 24 Mei lalu, Menpora Andi Mallarangeng diperiksa 10 jam oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait proyek Hambalang. (eh)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024