FOTO: Wisata di Puncak Merapi Usai Erupsi

Wisata Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA/ Teresia May

VIVAnews - Gunung Merapi masih menjadi tujuan wisata bagi para pendaki. Setelah letusan hebat pada 2010, kini puncak Merapi menjadi lokasi wisata menarik bagi para pendaki.

Jalur yang diminati oleh pendaki adalah jalur Baru Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Mereka tidak hanya menikmati pemandangan alam setelah erupsi Merapi. Mereka juga menikmati detik-detik terbitnya matahari dari monumen kenangan di Pasar Bubrah. Lihat fotonya di tautan ini.

Saat ini, Merapi masih berstatus normal. Meski begitu, pada Februari 2012, sempat terjadi gempa dangkal di Merapi sebanyak 20-30 kali per hari. Meski demikian, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) memastikan hingga saat ini belum ada intensitas deformasi.

Pada 26 Oktober 2010, mulai pukul 17.02 WIB, gunung itu mengeluarkan tiga kali letusan, diiringi awan panas yang mengarah ke Kaliadem, Kepuharjo.

Dusun Kinahrejo luluh lantak dikubur abu vulkanik panas, erupsi Merapi mengambil puluhan nyawa, termasuk sang kuncen, Mbah Maridjan. Itu adalah letusan terbesar Merapi dalam 100 tahun terakhir. (art)

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall
Kartu SIM atau SIM card.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) yang diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024