Papua Barat Gempa 6,2 SR, Warga Berhamburan

Peningkatan seismik akibat gempa Kaimana, Papua Barat
Sumber :
  • USGS

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,2 skala richter mengguncang Papua Barat di kedalaman 18 kilometer. Gempa yang dirasakan cukup kuat ini membuat panik warga sekitar dan tamu-tamu hotel.

"Masyarakat berhamburan keluar rumah, hotel dan perkantoran," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Jumat 1 Juni 2012.

Gempa yang berada di Sesar Sorong berada di 0.86 Lintang Selatan dan 133.30 Bujur Timur. Gempa yang terjadi sekitar pukul 13.56 WIB itu dirasakan keras warga di beberapa kecamatan.

"Kecamatan Mubrani, Sidey, dan Manokwari Utara. Di Kota Manokwari gempa dirasakan keras selama 3 sampai 5 detik," kata Sutopo.

Ditegaskan dia, meski gempa berkekuatan sedang dan pada kedalaman dangkal, getaran itu tidak berpotensi tsunami. "Hingga kini belum ada laporan kerusakan," kata Sutopo lagi.

Gempa ini berjarak sekitar 72 kilometer arah tenggara Tambrauw, Papua Barat atau sekitar 85 kilometer dari arah barat Manokwari. (eh)

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024