Anggota Perbakin Tersangka Senjata Ilegal

Ilustrasi/Pemeriksaan senjata api
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVAnews- Markas Besar Polri menahan pemilik senjata api ilegal yang juga anggota Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia) berinisial TK. Sejak hari ini yang bersangkutan akan mendekam di Rutan Bareskrim Polri.

"Kepada yang bersangkutan dipersangkakan melakukan tindak pidana, pasal 1 Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup, atau hukuman penjara setinggi-tingginya 20 tahun," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 1 Juni 2012.

Selain TK, anggota Perbakin lainnya yakni YK juga diperiksa penyidik. Saat ini masih dalam pendalaman. Penyidik masih mencari unsur pasal apa yang bisa dikenakan kepada yang bersangkutan karena senjata yang dimiliki adalah senjata senapan angin.

"Dalam peraturan Kapolri, untuk senapan angin ini perizinannya di Polda kemudian keberadaannya dilaporkan. Sedangkan sanksi hukumannya tidak ada," kata Saud.

Polri akan mengamankan barang bukti terlebih dahulu dan berkoordinasi dengan pihak penuntut umum. Apakah orang yang menyimpan senapan angin dapat dikategorikan pelaku undang-undang itu? "YK kami periksa sebagai saksi. Kita cari pasalnya dulu," kata dia.

Sejauh ini keduanya selain anggota Perbakin juga merupakan kolektor senjata dan peluru tajam. Berdasarkan hasil pemeriksaan, peluru tajam digunakan untuk berburu.

"Peluru yang disita dibeli di salah satu importir resmi, yang ada izinnya. Yang disayangkan, dia memiliki senjata tidak ada izinnya. Padahal dalam Perbakin, senjata yang bisa dibawa pulang harus ada izin. Izin meyimpan dan penggunaan," ucap Saud.

Untuk diketahui, polisi mendapat laporan masyarakat tentang seseorang yang memiliki senjata api ilegal. Setelah melakukan penyelidikan, mereka akhirnya menangkap dua orang itu. (eh)

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Kata Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 pada pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23. Ini kata Shin Tae-yong.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024