Gempa Terjadi di Bidang Pertemuan Lempeng

gempa 6 SR dekat Sukabumi
Sumber :
  • usgs.gov

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Gempa ini diduga terjadi pada bidang pertemuan lempeng.

"Berdasarkan analisis dari ITB, gempa di selatan Jawa Barat ini kemungkinan adalah gempa subduksi," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Senin 4 Juni 2012.

Sutopo menjelaskan, gempa ini terjadi pada jarak 50 kilometer dari garis pantai dan 100 kilometer dari sebelah barat gempa pada September 2011. "Besarnya pergeseran pada bidang gempa yaitu sekitar 50 cm," ujarnya.

Gempa yang dirasakan hingga ke Jakarta ini membuat warga berhamburan ke luar rumah. Sampai saat ini, BNPB belum menerima laporan kerusakan dan korban jiwa. "Masyarakat sudah kembali normal aktivitasnya, BPBD Sukabumi masih melakukan pemantauan untuk pendataan," jelasnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat gempa berkekuatan 6,1 skala Richter itu berpusat di 121 kilometer barat daya Sukabumi, Jawa Barat. Tepatnya terjadi di 7,99 lintang selatan dan 106,19 bujur timur. (umi)

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil
Manchester United vs Brentford

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Duel Brentford vs Manchester United dalam lanjutan Premier League matchday ke 30 di Stadion Gtech Community, Minggu 31 Maret 2024, pukul 03.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024