Batas Wilayah

Pulau Miangas Segera Punya Lapangan Terbang

VIVAnews - Departemen Pertahanan beraksi mengamankan pulau-pulau terluar Indonesia, termasuk Pulau Miangas. Menteri Pertahanan, Juwono Sudarsono mengatakan pembangunan infrasruktur pertahanan segera dilakukan di pulau yang berbatasan dengan Filipina itu.

"Diantaranya pembangunan pos TNI. Disamping itu juga ada penempatan personel TNI, pelaksanaan patroli, pengintaian, dan pengamanan baik laut maupun udara," kata Juwono dalam rapat dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Senin 23 Februari 2009.

Masyarakat Miangas, yang justru merasa lebih 'Filipina' daripada sebagai bangsa Indonesia akan didekatkan dengan sebangsanya. Menurut Juwono, di pulau yang terletak di Sulawesi Utara itu akan dibangun lapangan terbang perintis. " Untuk membuka keterisolasian," tambah dia.

Ditambahkan Juwono, dengan adanya lapangan perintis, pesawat perintis bisa mendarat di Miangas. TNI, tambah dia, sudah mengusulkannya ke Departemen Perhubungan. Sebab,"mengacu ketentuan penerbangan sipil yang ditangani Departemen Perhubungan," tambah dia.

Isu Miangas sempat ramai pasca pernyataan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno bahwa Filipina mengklaim ada wilayah lautnya masuk ke wilayah pulau tersebut. Namun, isu itu dibantah Departemen Luar Negeri. Menurut Menteri Luar Negeri, Hassan Wirajuda, Miangas mutlak milik Indonesia.

Indonesia, yang kepulauan, punya banyak batas wilayah dengan negara lain. Wilayah darat Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Sedangkan di laut berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Sementara itu, wilayah yurisdiksi Indonesia di laut berbatasan dengan Australia, Filipina, India, Malaysia, Papua Nugini, Republik Palau, Vietnam, Thailand, dan Timor Leste.

Namun, diakui atau tidak perhatian pada batas-batas wilayah terluar Indonesia masih minim. Presiden Yudhoyono pernah mengatakan wilayah daratan terpencil maupun pulau lainnya harus menjadi perhatian dan pemerintah harus melakukan sesuatu untuk warga di daerah-daerah tersebut.

Pernyataan Yudhoyono disampaikan pasca insiden kekerasan oleh oknum polisi di Pulau Miangas tahun 2005. Saat itu, bendera Filipina berkibar di Miangas sebagai ekspresi dan kekecewaan masyarakat.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024