Asap Kebakaran Sumatera Sampai ke Thailand

Ilustrasi helikopter menjatuhkan bom air di kebakaran hutan.
Sumber :
  • Antara/ FB Anggoro

VIVAnews - Musim kemarau kini mulai melanda Indonesia. Sejumlah titik api atau hotspot di Pulau Sumatera juga sudah mulai muncul. Pada beberapa tahun sebelumnya titik-titik api itu menyebabkan kebakaran hebat dengan asap terbang jauh hingga ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Itu sebabnya setiap kali kita memasuki musim kemarau, negara-negara tetangga itu langsung bersiaga dengan kemungkinan datangnya asap. Thailand, misalnya, kini sedang bersiaga dengan kemungiknan asap dari Indonesia pada musim kemarau tahuni ini.

Dikutip dari laman Bernama, 19 Juni 2012, kabut asap mulai tampak di sejumlah wilayah di Thailand Selatan. Badan Meteorologi Thailand yang ada di provinsi Songkhla menyatakan kabut ini dibawa angin muson.

Direktur Badan Meteorologi ini, Wanchai Sakudomchai, mengatakan image satelit menunjukkan adanya 163 titik api di Sumatera. Angin muson barat daya tampaknya membawa kabut asap dari kebakaran ini ke beberapa wilayah Thailand selatan.

Songkhla, misalnya, sudah tertutup kabut tebal asap setiap pagi, selama beberapa hari terakhir. Meski kabut ini kemudian berangsur hilang setelah beberapa jam, demikian dilaporkan Thai News Agency (TNA).

Wanchai menambahkan, pihaknya sudah mengintsruksikan pejabat setempat untuk memonitor kebakaran di Sumatera melalui image satelit. Dengan demikian, pejabat setempat bisa menerbitkan peringatan jika wilayah di Indonesia semakin panas dan ditambah angin muson barat daya kencang berhembus.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

Diberitakan sebelumnya, titik api terbanyak ada di Riau dengan 77 titik. Selebihnya tersebar di sejumlah provinsi lainnya di pulau Sumatera. Seperti di Aceh terdapat 22 titik panas, Sumatera Selatan 17 titik, Jambi 16 titik api dan Sumatera Utara 14 titik, dan sisanya tersebar di beberapa daerah lainnya.

Banyaknya titik panas ini menyebabkan kabut asap mulai menyelimuti sejumlah daerah di Provinsi Riau, termasuk Kota Dumai dan Pelalawan. Di kota Pekanbaru sudah mulai terlihat kabut asap pada pagi hari. Namun jarak pandang masih cukup jauh.

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024