UI Jaring Calon Rektor, Gumilar Calonkan Diri

rektor ui Gumilar Rusliwa Somantri
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Universitas Indonesia mulai menjaring calon rektor yang akan menjabat untuk periode 2012-2017. Rektor Gumilar Rusliwa Somantri diperkirakan akan kembali mencalonkan diri.

"Pendaftaran calon rektor dimulai 20-30 Juni. Kami buka pendaftaran ini untuk umum juga, jadi siapa saja boleh ajukan calon," kata Sekretaris Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Achir Yani, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Selasa 19 Juni 2012.

Menurut Achir, proses pemilihan ini akan dilakukan secara bertahap. Setelah semua nama calon masuk, akan dilakukan proses seleksi administratif di bawah pantia pemilihan rektor yang dipimpin Endriartono Sutarto.

Dari calon-calon yang lolos administrasi, Senat Akademik kemudian akan memilih 5 diantaranya. Lima calon ini kemudian akan dipilih 1 untuk menjadi rektor pada 7 Agustus.

Achir menjelaskan, pemilihan rektor ini juga akan diikuti oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam pemilihan, Mendikbud memiliki porsi suara sebanyak 35 persen atau 7 suara.

"Ada dua mekanisme pemilihan, pertama jika tak dapat single majority alias di atas 50 persen, maka akan dipilih 3 suara terbanyak. Dari 3 calon itu, pemilik suara terbanyak akan langsung ditetapkan sebagai rektor," jelas Achir.

Saat ditanya apakah Gumilar Somantri akan kembali mencalonkan diri, Achir mengakuinya. "Kedengarannya dia akan maju lagi. Tapi itu tidak melanggar karena dia baru satu kali masa bakti. Dalam aturan, baru tidak boleh jika sudah dua kali menjabat," jelasnya.


UI Bersih

Mengenai pencalonan Gumilar sebagai rektor mendapat kecaman dari gerakan UI Bersih. Menurut Juru Bicara Gerakan UI Bersih, Ade Armando, Gumilar saat ini sedang disorot oleh publik mengenai dugaan pemborosan anggaran di UI.

"Diduga, Gumilar kembali maju antara lain untuk mengamankan segenap kekacauan dan indikasi korupsi yang dilakukannya," kata Ade Armando.

Ade Armando pun menilai, para pesaing Gumilar belum nampak mengemuka. Berbagai media hanya menyebut satu nama yang dijagokan untuk menjadi calon rektor, yaitu. Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI Bambang Wibawarta.

Kelompok lain yang diperkirakan akan mengajukan nama adalah Fakultas Teknik yang bahkan dikabarkan melakukan konvensi untuk mengajukan hanya satu nama calon dari FT. Gagasan untuk melakukan konvensi ini nampaknya merujuk pada pengalaman 5 tahun sebelumnya, saat dari FT maju beberapa nama yang bertarung secara terpisah.

Sebelumnya, Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Soemantri membantah terlibat korupsi sejumlah proyek pembangunan di kampusnya. Gumilar juga membantah tidak transparan dalam mengungkapkan laporan keuangan UI, serta menerima gratifikasi.

Menurutnya, laporan keuangan dan tata kelola UI sangat transparan dan akuntabel. "Sejak tahun 2008 hingga 2010 telah diaudit oleh akuntan publik yang ditunjuk oleh MWA melalui proses tender terbuka," kata Gumilar.

Berikut syarat menjadi Rektor UI:
1. Bergelar doktor dari perguruan tinggi yang terakreditasi
2. Sehat jasmani
3. Memiliki kemampuan organisasi yang ditunjukkan dengan pengalaman menempati jabatan dalam organisasi non politik selama lima tahun
4. Belum berusia 60 tahun
5. Bukan pengurus partai politik
6. Tidak pernah terkena masalah hukum. (eh)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024