Kapal AS Merapat, AL-US Navy Latihan Bersama

Kapal Perang AS di Bali
Sumber :
  • VIVANEWS/ Bobby Andalan

VIVAnews - Kapal Perang milik Angkatan Laut AS, Navy USS Benfold, merapat di Pelabuhan Benoa Bali, Kamis 12 Juli 2012. Kapten Kapal Adrian Jansen menjelaskan, keberadaan kapal perang milik AS di Pelabuhan Benoa merupakan rangkaian kunjungan ke kawasan Asia Tenggara. Kapal itu berangkat langsung dari San Diego, Amerika.

"Di Indonesia, kami hanya mengunjungi Bali. Kami tidak akan pergi ke wilayah lain di Indonesia. Kami berada di Bali selama empat hari. Setelah itu kami akan pulang untuk operasi yang lain yang belum kami ketahui," ujar Jansen, Kamis 12 Juli 2012.

Selama perjalanan, Jansen mengaku hanya singgah di Hawaii untuk mengisi bahan bakar. Setelahnya, kapal langsung berangkat menuju Bali. Selama berada di Bali mereka akan melakukan kunjungan ke sejumlah obyek wisata, beraudiensi dengan Wali Kota Denpasar dan sejumlah pejabat lainnya.

Di sela berbagai kegiatan tersebut, para personel akan melakukan latihan bersama dengan pasukan TNI AL yang ada di Denpasar. Jansen melanjutkan, kapal perang tersebut membawa 280 personel angkatan laut Amerika (US Navy). Dari jumlah itu, sebanyak 35 orang merupakan perwira dan sisanya adalah tentara pelaut atau prajurit.

Kapal dengan panjang 54 meter dengan bobot sekitar 8900 ton itu dilengkapi dengan peralatan canggih seperti rudal anti pesawat, rudal anti kapal selam dan rudal anti kapal perang serta sejumlah alat pendeteksi lainnya. Operasi tersebut akan dilakukan selama 6 bulan tetapi bukan hanya di perairan Indonesia.

"Kami tidak akan beroperasi di wilayah perairan Indonesia di daerah lain, karena hanya datang ke Bali," ungkap Jansen.

Sementara itu Danlanal Denpasar, I Wayan Suarjaya menjelaskan, selama berada di Bali, pihaknya akan melakukan latihan bersama dengan tentara Amerika khususnya dari angkatan lautnya. "Materi latihan bersama tersebut mencakup manuver taktis, sistem komunikasi serta prosedur penyelamatan lainnya," papar Suarjaya.

Dalam latihan bersama tersebut TNI AL akan menyertakan KRI Hasan Basri dan KRI Uling. Diharapkan setelah latihan tukar pengalaman, profesionalisme para pajurit TNI AL semakin ditingkatkan dan semakin berkualitas.

Pakar Hukum Tegaskan Amicus Curiae Bukan Alat Bukti, Tak Bisa Tekan Hakim
Kebakaran restoran di Tangerang usai tersambar petir

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Bangunan pada restoran khas sunda Saung Bambu Mang Eking yang berada di Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, ludes terbakar pada Rabu, 17 April

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024