Jalur Alternatif Sumatera Terganjal Lahan

Perataan tanah untuk pembangunan jalan Tol Semarang-Solo
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews – Menteri Perhubungan, Djoko Kirmanto, mengatakan pemerintah telah menyediakan jalur alternatif untuk mudik di Pulau Sumatera. Jalur itu dibangun sepanjang 200 kilometer lebih.

"Jalurnya melalui pantai timur sepanjang Provinsi Lampung," kata Djoko di kantornya, Jakarta, Senin 13 Agustus 2012.

Namun, Djoko mengaku sangat menyayangkan karena jalur yang 98 persen telah selesai dibangun ini belum bisa digunakan pada mudik lebaran tahun 2012. Belum tuntasnya pembebasan lahan di masyarakat menjadi kendala utamanya.

Djoko menjelaskan, ada lahan sepanjangnya 2,5 kilometer yang belum bisa dibebaskan dari masyarakat. "Yang 2,5 kilometer itu pun berupa titik-titik yang terpisah sepanjang 300 sampai 500 meter," jelasnya.

Sebenarnya, kata dia, kondisi jalur alternatif ini sangat mantap untuk dilalui. “Namun kalau digunakan nanti terputus di dekat daerah Lampung," ujarnya.

Djoko menambahkan, saat ini ia telah memerintahkan Dirjen Bina Marga untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan berkoordinasi bersama bupati setempat.

"Saya minta agar ini diselesaikan secepatnya, karena kalau ini bisa digunakan bisa jadi jalur alternatif yang sangat bagus untuk mereka yang datang dari Sumatera Selatan ke arah Lampung atau sebaliknya," tutur dia.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024