Pemudik Bandara Juanda Membludak

Penggemar Super Junior (Suju) Menanti Idolanya di Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews – Arus mudik melalui Bandara Internasional Juanda terdapat kenaikan cukup signifikan. Dibanding tahun lalu, kali ini melonjak hingga 14 persen.

Hingga H-2 yang jatuh pada hari ini, Jumat 17 Agustus 2012, kenaikan pesawat mencapai 387 pesawat. Jumlah penumpang terdata mencapai 46.872 orang.

"Rinciannya tahun 2011 lalu, pergerakan pesawat 338 unit dan penumpang terealisasi 41.223 orang," kata Asisten Manager Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Saryo.

Tahun ini, diperkirakan jumlah pergerakan pesawat akan meningkat antara 7 hingga 14 persen dan lonjakan penumpang hingga 20 persen. Naiknya pergerakan pesawat dan penumpang sebelumnya terakumulasi menyentuh digit 355 pergerakan pesawat yang diikuti lonjakan penumpang mencapai 49.350 orang.

Itu terinci dari 162 pergerakan pesawat domestik yang datang dan berangkat serta 15 kedatangan dengan 16 keberangkatan pesawat internasional.

"Penumpang domestik yang datang mencapai 21.521 orang dan yang berangkat sebanyak 22.789 orang. Untuk kedatangan penumpang internasional pada waktu yang sama mencapai 2.895 orang dan berangkat hingga 2.751 penumpang," kata dia.
 
Pada penerbangan domestik, penumpang dengan kota asal atau tujuan Jakarta, Balikpapan, Makassar dan Banjarmasin dipadati oleh para pemudik. Dan, kota tujuan wisata seperti Denpasar, Lombok, Jogjakarta dan Bandung juga mengalami prediksi kepadatan penumpang.

Sedangkan, kondisi penerbangan internasional pada saat yang bersamaan akan meningkat diprediksi pada tiga negara. Tiga negara yang menjadi kota terpadat pada penerbangan mendekati Lebaran adalah Singapura, Kuala Lumpur Malaysia dan Hongkong.

"Rute ini akan ramai, kebanyakan dipadati para TKI dari luar negeri. Termasuk juga masyarakat Surabaya dan Jawa Timur yang akan menghabiskan liburan dan cuti bersama Lebaran," ungkapnya.

Sementara, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero), Trikora Harjo mengatakan, pihaknya telah membuka Posko Terpadu sejak H-7 sampai H+7 Lebaran selama arus mudik dan balik di Bandara Internasional Juanda. Posko 24 jam di pusatkan di Anjungan Terminal Penumpang Bandara Internasional Juanda.

"Ini merupakan satuan terpadu dari kerjasama kami bersama Otoritas Bandara, TNI, Polri, CIQ, KKP dan Airline/Ground Handling yang akan menjamin kelancaran serta keamanan selama proses arus mudik dan balik lebaran," kata dia.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Setelah penetapan KPU, Prabowo selaku Presiden terpiih mendatangi markas PKB untuk menemui Cak Imin. Elite pendukung Prabowo pun ikut merespons.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024