755 Bus Tak Layak Operasi Dikandangkan

Pengamanan Mudik di Terminal Lebak Bulus
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Hingga H-1 Hari Raya Lebaran, sebanyak 755 bus terpaksa dikandangkan lantaran tidak lolos uji kelayakan yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta di empat terminal utama di Jakarta.

“Rata-rata setiap hari, 10 persen dari bus yang diuji tidak lolos. Sebagian besar karena ban botak, kaca pecah, hingga rem blong,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono di Jakarta, Sabtu, 18 Agustus 2012.

Menurut Pristono, pengujian dilakukan Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub DKI di terminal utama pemberangkatan para pemudik. Seperti terminal Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Pulogadung, dan terminal Kalideres.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi fisik kendaraan, seperti ban, kemudi, badan bus, rem, lampu, spion, dan kaca.

Ia pun menjelaskan, pada Senin, 13 Agustus lalu, dari 1621 bus yang diuji, 120 diantaranya tidak lolos. Kemudian, dari 1603 bus yang diuji pada Selasa, 14 Agustus lalu, sebanyak 147 bus dinyatakan tidak laik jalan. Kemudian, pada Rabu, 15 Agustus, sebanyak 185 bus dari 1990 yang diujikan tidak lolos. Ditambah 303 bus pada Kamis, 16 Agustus, yang juga terpaksa dikandangkan.

"Bus yang tidak lolos uji kelayakan itu direkomendasikan untuk tidak beroperasi sebelum kerusakan diperbaiki," ujarnya.

Selain pengujian fisik dan kelaikan kendaraan, sejumlah pemeriksaan terhadap pengendara bus juga dilakukan. Yang terdiri atas tes kesehatan dan tes urine. Sehingga, kondisi kesehatan para pengendara bus bisa dipastikan. Pemeriksaan tersebut guna meminimalisir kecelakaan yang diakibatkan kesehatan sopir.

Tes yang dilakukan seperti, tes gula darah, kadar alkohol dalam tubuh, tekanan darah, dan tes bebas narkoba. Tes tersebut dilaksanakan Dishub DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Narkotika Provinsi (BNP) dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.


Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024