Aktivitas Meningkat, Gunung Anak Krakatau Waspada

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus meningkat. Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG) sudah meningkatkan status Anak Krakatau menjadi Waspada.

"Waspada Anak Krakatau mulai terjadi sejak pukul 11.30 WIB," kata Kepala BVBMG Surono, dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews.com, Minggu jmalam, 2 September 2012.

Surono mengungkapkan bahwa hingga saat ini gempa-gempa dan letusan masih terekam di Pos Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Banten. Terekam getaran tremor letusan secara terus- menerus dengan amplitudo rata-rata 34 mm. Terlihat jelas lontaran lava pijar dengan ketinggian kurang lebih 200-300 meter dari puncak secara terus menerus sampai sekarang-- yang disebut sebagai letusan strombolian.

"Pada pukul 18.30 WIB terlihat jelas lontaran lava pijar dengan ketinggian kurang lebih 200-300 meter dari puncak secara menerus sampai sekarang," jelas Surono.

Surono menegaskan bahwa letusan Anak Krakatau tidak akan menyebabkan tsunami. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat di pantai Banten dan Lampung agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. "Agar tidak mendekati dalam radius 1 km dari titik letusan," tegasnya.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa Polri sudah "on the track" dalam menangani kasus yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024