Korupsi Alquran, KPK Tahan Zulkarnaen Djabar

Zulkarnaen Djabar
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi menahan anggota komisi VIII DPR Zulkarnaen Djabar usai pemeriksaan perdananya sebagai tersangka kasus suap pengurusan anggaran proyek pengadaan Alquran di Ditjen Bimas Islam dan pengurusan anggaran laboratorium komputer untuk Madrasah Tsanawiyah di Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama tahun 2010 dan 2012.

"Untuk kepentingan penyidikan, KPK melakukan penahanan terhadap tersangka ZD," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantor KPK, Jakarta, Jumat, 7 September 2012. Johan menjelaskan, KPK menahan Zulkarnaen di Rutan KPK selama 20 hari ke depan.

Pantauan VIVAnews, politisi Golkar itu ke luar dari gedung KPK sekitar pukul 17.50 WIB dengan mengenakan baju tahanan KPK berwarna putih. Zulkarnaen berharap semua pihak dapat menegakkan azas praduga tak bersalah dan tetap mengikuti prosedur yang berlaku di KPK.

"Saya kooperatif dengan KPK. Saya tegaskan saya akan lakukan upaya hukum dalam rangka menegakkan persoalan yang berhubungan dengan keadilan," ujar Zulkarnaen usai menjalani pemeriksaan di KPK.

Meski begitu, Zulkarnaen mengaku tidak mengetahui perihal kasus yang tengah menjeratnya selama ini. Adapun mengenai dugaan ikut mengarahkan pejabat Kemenag dalam proyek ini, Zulkarnaen lagi-lagi membantah. "Mengarahkan itu bagaimana maksudnya. Saya belum masuk pada materi. Saya berada dalam keanehan kebingungan tapi saya menghormati, lembaga hukum KPK ini," ujarnya.

Menurutnya, mekanisme pengadaan lelang barang dan jasa di pemerintah adalah program pemerintah. Sedangkan DPR hanya berada pada tataran kebijakan anggaran. Namun dalam pemeriksaan hari ini, Ia mengaku belum diperiksa terkait materi perkara.

"Saya tegaskan apa yang berlaku dengan diri saya ini tidak berhubungan dengan partai," ucapnya.

Sementara itu, penasihat hukum Zulkarnaen, Erman Umar mengatakan kliennya dicecar penyidik sebanyak 16 pertanyaan. Salah satunya menyangkut identitas dan pekerjaan Zulkarnaen selaku anggota DPR.

"Pertanyaan soal CV pribadinya, dan pekerjaannya sebagai anggota komisi VIII yang membidangi agama dan sosial. Pertanyaan belum masuk ke materi," ungkap Erman. (umi)

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23
Lolly, anak pertama Nikita Mirzani

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Laura Meizani Nasseru Asry atau yang akrab dengan nama Lolly mencurahkan isi hatinya untuk sang ibunda, Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024