Survei: Pasangan Incumbent Menangi Pilkada Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pasangan calon incumbent Cornelis-Christiandy Sanjaya sementara mengungguli saingannya dalam perebutan kursi Gubernur Kalimantan Barat.

Berdasarkan penghitungan cepat lembaga survei REKODE yang bekerja sama dengan DPD PDI Perjuangan, pasangan Cornelis-Christiandy yang merupakan pasangan nomor urut 1 meraih 51,4 persen suara.

Pasangan nomor urut 2, Armyn Ali Anyang-Fathan A Rasyid meraih 17,5 persen. Pasangan nomor urut 3, Morkes Effendy-Burhanuddin A Rasyid meraih 24,8 persen suara, dan pasangan nomor urut 4, Tambul Husin-Barnabas Simin meraih 6,4 persen suara.

Mengenai kemenangan versi penghitungan cepat ini, pasangan Cornelis-Christiandy mengapresiasinya. Cornelis pun mengucapkan terima kasih kepada warganya yang kembali memilihnya.

"Suara rakyat adalah suara Tuhan. Saya biasa- biasa saja. Terima kasih atas dukungan masyarakat di Kalimantan Barat yang telah memilih kami kembali. Sambil menungggu penetapan KPU, kita menjaga keamanan Kalimantan Barat ini," kata Cornelis, di Sekretariat DPD PDIP Kalimantan Barat yang terletak di jalan Sultan Syarif Abdurahman, Kamis 20 September 2012.

Anggota Tim Sukses Cornelis -Christiandy Sanjaya (CC), Dolfie OFP, mengklaim keberhasilan suara terbanyak bagi pasangan incubment itu di wilayah Kalimantan Barat.

"Rata-rata sudah 82 persen. Kecuali di Kabupaten Sintang, Melawi, Kapuas Hulu. Harapannya target kita 100 persen jam 7 malam. Ini data-data TPS. Karena TPS sebagai sampel. Tingkat partisipasi 67,5 persen," kata Dolfie OFP.

Untuk diketahui, pasangan Cornelis-Christiandy dicalonkan oleh koalisi PDI Perjuangan-Demokrat dan tiga partai politik. Pasangan Armyn-Fathan dicalonkan koalisi PPP-Hanura-PBB.

Sedangkan pasangan Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid dijagokan oleh koalisi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional dan tiga partai politik. Sementara pasangan Tambul-Barnabas dicalonkan oleh koalisi Gerindra dan 17 partai politik.

Sebanyak 3.377.685 warga tercatat sebagai pemilih tetap Pilgub Kalimantan Barat. Pemilihan ini digelar serentak di 14 kabupaten/kota, 176 kecamatan, dan 1.970 kelurahan.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024