Surat Terbuka Siswa di Padang untuk SBY

presiden SBY rapat ESDM
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Puluhan siswa Sekolah Menengah Atas di Padang yang tergabung dalam komunitas Generasi Anti Korupsi (GasAK) membacakan surat terbuka untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam surat terbuka yang dibacakan di SMA 2 Padang, Selasa, 9 November 2012, mereka menyampaikan kekecewaannya. "Kami sangat kecewa melihat para elit dan pejabat negara ini banyak yang tidak jujur, buktinya masih ada korupsi," ujar para siswa ini secara serentak.

Sebagai generasi muda, para siswa ini merindukan Indonesia dan bebas korupsi. Menurut salah seorang siswa SMA 2 Padang, Fajri, surat terbuka ini bentuk kekecewaan mereka terhadap upaya pemberantasan korupsi.

Dalam surat terbuka ini, para siswa dari dua SMA favorit di Padang ini—SMA 2 dan SMA 3 Padang— tidak ingin masa depan bangsa dikuasai para koruptor.

"Selaku generasi muda, kami sangat sedih dan malu melihat adanya perseteruan antara KPK dan Polri." Menurut para siswa ini, perseteruan tersebut bentuk dan ketidakdewasaan dalam bernegara.

Para siswa ini menganalogikan kisrus KPK-Polri lebih parah dari tragedi tawuran pelajar tahun lalu yang menewaskan 82 siswa. "Namun 'tawuran' KPK dengan Polri akan membunuh 200 juta lebih rakyat Indonesia, karena akan menghambat pemberantasan korupsi."

Melalui surat tersebut, para siswa berharap presiden bersikap tegas mendukung upaya pemberantasan korupsi. Para siswa juga menolak upaya pengerdilan terhadap lembaga KPK. "Kami mengajak seluruh pelajar di Indonesia agar bisa membangun gerakan bersama dan berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi."

Sebelumnya, presiden SBY telah menyampaikan pidato terkait penyelesaian selisih antara dua lembaga tersebut. Terkait dugaan kasus penganiayaan salah seorang penyidik KPK, Presiden menilai rencana penangkapan Kompol Novel Baswedan oleh Polri kurang tepat. Sebab, kasus penembakan yang diduga dilakukan Novel terjadi pada 2004 baru diusut saat ini. (eh)

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Pengakuan Shin Tae-yong usai Ernando Ari berhasil menggagalkan tendangan penalti Australia dan jadi pahlawan kemenangan skuad Garuda Muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024