Berpakaian Serba Hitam, Jemaah Ini Salat Idul Adha Hari Ini

Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews – Pemerintah menyatakan Hari Raya Idul Adha 1433 H jatuh pada Jumat besok, 26 Oktober 2012. Namun, tak demikian dengan Jemaahh An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Mereka merayakan Lebaran Haji pada hari ini, Kamis 25 Oktober 2012.

Jemaah yang selalu berpakaian serba hitam dan identik dengan rambut dicat kemerahan ini menggelar salat Idul Adha di Desa Mawang, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Lebih dari 500 jemaah memenuhi tanah lapang di desa itu yang setiap tahunnya memang dijadikan tempat pelaksanaan salat Idul Adha mereka.

Jemaah An-Nadzir meyakini hari ini sebagai Lebaran Idul Adha 10 Dzulhijjah berdasarkan perhitungan perjalanan bulan dari Dzulqaidah ke Dzulhijjah, serta dari tanda-tanda alam yang mereka pantau.

“Sepuluh hari yang lalu adalah pergantian bulan Dzulqaidah ke Dzulhijjah, sehingga idealnya hari ini adalah 10 Dzulhijjah,” kata pemimpin Jemaah An-Nadzir Gowa, Ustadz Luqman.

Khotbah Salat Idul Adha Jemaah An-Nadzir mengurai tentang makna dan hakikat dari perayaan kurban. Menurut Ustadz Luqman, berkurban adalah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kurban juga merupakan bukti tunduknya manusia kepada Tuhannya, serta menjadi pertanda rasa syukur hamba kepada sang pencipta.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Usai melaksanakan shalat Idul Adha bersama, para jemaah yang berpakaian hitam-hitam lalu saling bersalaman satu sama lain. (kd)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024