JK: Amal Muhammadiyah Sentuh Seluruh Lini Kehidupan

Silaturahmi Tokoh Bangsa Ke-3
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan testimoni dalam peringatan ulang tahun ke-100 Muhammadiyah. Ucapan salam Kalla diiringi hujan lebat yang tiba-tiba mengguyur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu pagi 18 November 2012.

Akibat guyuran yang lebat itu, Angkatan Muda Muhammadiyah yang siaga di tengah lapangan berlarian meneduh. Ini merupakan peringatan Milad atau ulang tahun ke 100 tahun Masehi atau 103 tahun Hijriyah.

"Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi terbesar di Indonesia, tentunya juga terbesar di dunia ini. Saya ucapkan selamat se-abad Muhammadiyah," kata Kalla.

Menurut Kalla, sebagai organisasi terbesar, amal usaha Muhammadiyah telah menyentuh seluruh lini kehidupan warga Indonesia. Amal usaha dalam bentuk pendidikan, sosial berupa rumah sakit yang dijalankan Muhammadiyah dinilainya telah mengakar.

"Saya kira tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak tersentuh amal ibadah muhammadiyah. Apakah pendidikan, sosial. Wajar kita semua mengucapkan selamat," kata Kalla.

Mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-100 Muhammadiyah. Menurutnya, Muhammadiyah merupakan organisasi Islam tertua di Indonesia. "Tentu manfaatnya terasa," kata Hasyim.

Hasyim mengungkapkan perlunya meningkatkan persaudaraan diantara umat Islam. Dia mengajak meningkatkan ukhuwah islamiyah (persaudaraan dalam Islam) di Indonesia dan dunia Islam yang belakangan menurun.

Hasyim mengutip sebuah ayat Al Quran yang inti pesannya, peringatan agar umat Islam bersatu menjaga persaudaraan. "Saat orang lain bersatu, sementara umat Islam terpecah belah akan terjadi fitnah besar di kalangan umat," kata Hasyim. (adi)

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
Donald Trump dan Karen

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Proses persidangan kasus uang tutup mulut Donald Trump memasuki minggu ini, dua pengacara bersiap untuk menginterogasi para saksi. Salah satunya, ada nama Karen McDougal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024