BIN Antisipasi Gerakan Separatis OPM di Papua

Anggota Kepolisian Daerah Papua saat tugas patroli beberapa waktu silam. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVAnews – Kepala Badan Intelijen Negara, Letjen TNI Marciano Norman, mengatakan Organisasi Papua Merdeka belakangan melakukan sejumlah aksi guna menunjukkan eksistensi mereka menjelang hari ulang tahun kelompok separatis tersebut.

Untuk itu BIN telah meminta kepada seluruh aparat di daerah untuk mengantisipasi berbagai pergerakan OPM itu. “Untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar hal itu (gerakan separatis) dapat dikelola baik,” kata Marciano usai pengarahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat 30 November 2012.

Kepala BIN mengakui ada peningkatan aktivitas gerakan separatis Papua. Itu terlihat dari berbagai penghadangan dan penyerangan terhadap aparat. “Kami serahkan kepada aparat keamanan, mulai Kapolda, Panglima, dan Gubernur untuk melakukan langkah tepat guna mengatasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Marciano.

Sejauh ini, menurut mantan Panglima Daerah Militer Jaya itu, tidak ada penambahan pasukan di Papua. Aparat keamanan yang ada disiapkan untuk cepat tanggap mengantisipasi gerakan-gerakan separatis selanjutnya. BIN berharap tidak ada insiden lain yang diakibatkan oleh aksi OPM.

Pekan ini, Markas Polsek Pirime, Lanny Jaya, Papua, diserang kelompok tak dikenal. Tiga polisi tewas dalam kejadian itu. Selang sehari kemudian, rombongan kelompok sipil bersenjata usai meninjau Mapolsek Pirime.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Kontak senjata pun terjadi selama lebih dari sejam. Rombongan Kapolda akhirnya berhasil memukul mundur kelompok bersejata yang berjumlah sekitar 40 orang itu.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024