Korupsi Alquran, KPK Periksa Sekjen Kemenag

Zulkarnaen Djabar
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Bahrul Hayat, Senin 17 Desember 2012. Dia menjadi saksi dugaan korupsi pengurusan anggaran pengadaan kitab suci Alquran dan pengadaan komputer di Madrasah Tsanawiyah Kemenag.

"Dengan tersangka ZD," kata  juru bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya. ZD yang dimaksud Johan adalah Zulkarnaen Djabar, legislator asal Partai Golkar.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Bahrul diperiksa oleh penyidik KPK sekitar lima jam. Sekitar pukul 15.00 WIB Bahrul yang mengenakan kemeja batik lengan panjang selesai menjalani pemeriksaan. Dia juga enggan berkomentar dan langsung masuk ke mobil dinasnya. Bahrul Hayat juga bungkam saat tiba di Gedung KPK pada pukul 09.45 WIB.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Alquran, yaitu anggota Komisi VIII DPR, Zulkarnaen Djabar dan anaknya yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Karya Sinergi Alam Indonesia sekaligus Sekjen Ormas Gema MKGR, Dendy Prasetia Zulkarnaen Putra.

Zulkarnaen bersama Dendi diduga telah mengarahkan anggaran dan mempengaruhi pemenangan rekanan untuk tiga proyek Kemenag. Proyek tersebut, antara lain proyek pengadaan laboratorium untuk  MTS tahun 2011 senilai Rp31 miliar, pengadaan kitab suci Alquran tahun 2011 senilai Rp20 miliar, dan pengadaan Alquran tahun 2012. (sj)

Pelita Air datangkan Airbus 320.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan saat arus balik Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024