Ini Keuntungan Pembatasan Transaksi Tunai

Komisi III DPR-RI Kunjungi Kantor Ditjen Pajak
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Agus Santoso menyatakan ada beberapa keuntungan lain dari kebijakan pembatasan transaksi tunai Rp100 juta.

Pertama, negara melindungi masyarakat dari resiko kejahatan uang palsu serta dapat melindungi dari perampokan uang tunai.

"Kedua, biaya pencetakan dan peredaran fisik uang rupiah tentu akan berkurang secara signifikan," kata Agus kepada VIVAnews, Senin malam, 17 Desember 2012.

Ketiga, akan terbangun masyarakat yang ber-bank (bank minded society) dan terbiasa menggunakan kartu (less cash society).

"Terbangunnya masyarakat seperti ini tentu akan secara signifikan menjadi alat bantu pencegahan korupsi maupun pemberantasan korupsi, karena semua transaksinya tercatat," ujar Agus.

PPATK secara resmi telah menyampaikan surat rekomendasi mengenai usulan pembatasan transaksi tunai maksimal Rp100juta kepada Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

Menurut mantan Deputi Direktur Hukum Bank Indonesia itu, usulan tersebut saat ini masih dikaji di Badan Kebijakan Fiskal, Kemenkeu di bawah pimpinan Bambang Brodjonegoro dan Deputi Sistem Pembayaran BI di bawah Deputi Gubernur BI Ronald Waas. (sj)

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Viral video dinarasikan pengemudi Pajero yang merupakan polisi menabrak Avanza milik warga lantaran saldo e-Tol habis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024