Kader PKS Jagokan Soekarwo-Saifullah Yusuf di Pilkada Jatim

Cawagub Jatim Saifullah Yusuf dan Cagub Soekarwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Mayoritas kader struktural Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur masih menjagokan pasangan incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf di Pilkada Jawa Timur 2013.

Hasil survei internal PKS yang mengambil 4.193 kader struktural di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai responden menunjukkan, Soekarwo dipilih 37 persen kader untuk tetap menjadi gubernur dan Saifullah Yusuf didukung 34 persen kader untuk tetap menjadi wakil gubernur.

Dalam survei itu, muncul pula nama-nama seperti Ketua Muslimat NU Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, dan mantan Kapolda Jatim Untung S. Rajab.

“Soekarwo banyak dipilih kader di kawasan Mataraman seperti Nganjuk, Kediri, Ngawi, dan  Magetan, sementara Saifullah Yusuf unggul di kawasan Madura dan tapal kuda seperti Pasuruan, Probolinggo, sampai Banyuwangi,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jatim, Hamy Wahjunianto, dalam konferensi persnya di kantor PKS Jatim, Surabaya, Rabu 19 Desember 2012.

Hasil survei itu selanjutnya disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat PKS sebagai bahan pertimbangan partai untuk menentukan siapa calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim yang akan diusung. “Urusan Pilgub, 100 persen domain pengurus pusat,” ujar Hamy.

Hasil survei PKS itu juga disampaikan ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim. PKS sekaligus akan meminta masukan dan saran dari PWNU Jatim tentang langkah terbaik yang sebaiknya ditempuh PKS berdasarkan data survei itu. “Faktanya mayoritas pemilih adalah warga Nahdliyin, dan ada pula wacana cagub-cawagub dari kalangan Nahdliyin,” kata Hami.

Selain survei cagub dan cawagub, PKS juga menggali data tentang partai paling favorit pilihan kader PKS untuk diajak berkoalisi pada Pilgub Jatim 2013. Hasilnya, PKB menempati posisi paling tinggi, yakni 25,99 persen, disusul Partai Demokrat 16,27 persen, Golkar 12,66 persen, PPP 11,89 persen, PAN 11,67 persen, dan PDIP 10,07 persen.

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf sendiri akan diusung kembali oleh Partai Demokrat untuk maju di Pilkada Jatim tahun depan. Hal itu sudah diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, dalam pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat se-Jawa Timur. (eh)

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024