Sistem Pendidikan Era Digital Mudah Bagi Mahasiswa Indonesia

Inti College
Sumber :

VIVAnews - Dengan jumlah penduduk lebih dari 230 juta jiwa, Indonesia mengalami problem pertumbuhan angkatan kerja yang lebih besar daripada ketersediaan lapangan kerja setiap tahun.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Ketidaksesuaian kompetensi sumber daya manusia dengan pasar kerja juga menjadi masalah besar. Soroton pun tertuju pada kualitas pendidikan Indonesia yang harus mendapat perhatian serius. Dengan perkembangan teknologi yang bergerak cepat dan persaingan yang sangat ketat, sistem pendidikan bermutu yang borderless adalah kebutuhan mutlak bagi bangsa Indonesia.

Inti College Indonesia, pelopor dalam pendidikan international bridging program, menyadari kebutuhan yang tinggi dari masyarakat terhadap pendidikan berkualitas. Bekerja sama dengan 10 perguruan tinggi ternama di Australia, Inti College Indonesia menyelenggarakan Australian Degree Program. Mengacu kepada kurikulum pendidikan Australia yang telah diakui dunia, Australian Degree Program yang ditawarkan Inti College Indonesia merupakan jalur tepat bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke Australia.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Inti College

Melalui Australian Degree Program, Inti College Indonesia membawa platform standar pendidikan internasional ke Indonesia. Dengan mengembangkan sistem pendidikan yang berfokus karier, Inti College menawarkan pengalaman belajar yang unik serta solusi pendidikan yang telah disempurnakan dengan dukungan dari jaringan pendidikan global terbesar di dunia, Laureate International Universities (LIU). Jaringan LIU mencakup lebih dari 60 universitas di 29 negara dengan 740.000 mahasiswa yang belajar di kampus maupun online.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Australia adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan sangat maju. Beberapa perguruan tinggi terbaik di sana telah mengadaptasi tren yang sedang terjadi di pendidikan perguruan tinggi saat ini yaitu sistem pendidikan jarak jauh, jelas ujar Sudino Lim, Managing Director Inti College Indonesia.

Selain itu, ujar Sudino, mahasiswa kini semakin mobile karena dapat mengakses materi kuliah dengan perangkat mobile dari mana saja. Pemanfaatan teknologi cloud computing memungkinkan mahasiswa mengakses semua data mereka dari berbagai perangkat teknologi setiap hari. “Dan mereka bisa berkolaborasi dengan mahasiswa lain dari berbagai belahan dunia untuk mengerjakan proyek maupun berbagi ide. Dengan keunggulan ini, tidaklah mengherankan jika Australia menjadi salah satu negara tujuan belajar dari banyak negara," paparnya.

Pelajar Indonesia kini juga dapat memanfaatkan tren pendidikan jarak jauh ini. Melalui program Australian Degree Program, mereka dapat menuntut ilmu dari dosen-dosen berpengalaman dan berkolaborasi dengan mahasiswa dari seluruh dunia.

Selain mudah diakses, sistem belajar jarak jauh juga dapat menghemat biaya pendidikan. Di Inti College Indonesia, misalnya, mahasiswa dapat menghemat biaya sampai 75 persen untuk mendapatkan Australia Degree Program (dengan sistem kredit transfer ke universitas di Australia baik belajar di kampus atau melalui sistem pendidikan jarak jauh). "Program ini juga dirancang untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan teknis dan soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan bekal pendidikan berfokus karir, lulusan program ini akan memiliki kualitas yang berbeda dibandingkan lulusan lain," tambah Sudino Lim.

University of Southern Queensland (USQ) adalah salah satu universitas di Australia yang menjalin kerja sama dengan Inti College Indonesia. USQ telah lama dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dalam sistem pendidikan jarak jauh. Universitas ini sangat fokus dalam pengembangan materi pendidikan sehingga USQ mampu memberikan model pendidikan yang menguntungkan bagi mahasiswa dan dosen di kampus terutama dalam penyampaian kurikulum sesuai strata.

Didukung sistem pendukung yang handal dan budaya staf yang responsif membuat mahasiswa dan para dosen dapat berinteraksi dengan baik dalam penyampaian dan penerimaan kurikulum USQ.

Salah satu program unggulan dari USQ dan diakui oleh dunia internasional adalah program Bachelor of Communication (Public Relations). "Program Bachelor of Communication (Public Relations) di USQ sangat diminati para mahasiswa Australia dan negara-negara Asia. Program ini dikembangkan oleh para dosen yang memiliki pengalaman profesional sangat panjang di bidangnya," kata Dr. Christopher Jacob Kossen, dosen Public Relations and Communication di USQ yang telah bergelut di bidang ini lebih dari 15 tahun.

Agar sejalan dengan kemajuan industri, USQ juga kerap berkonsultasi dengan para pakar dan praktisi di industri PR. Materi pembelajaran juga terus dikembangkan dengan perkembangan terkini di dunia internasional, seperti beragam studi kasus di berbagai negara termasuk Asia Tenggara.

Program Bachelor of Communication (PR) menawarkan keunggulan ketrampilan praktik dan pengetahuan teoritis yang dibutuhkan industri dengan berfokus mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia kerja. Saat ini kebutuhan industri terhadap lulusan PR di Australia meningkat dan kesuksesan program ini di Asia Tenggara juga membuat kebutuhan tenaga di bidang ini terus tumbuh. (WEBTORIAL)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya