Puan Maharani Bantah Ada Harta Soekarno di Bank Swiss

Presiden RI Pertama Ir.Soekarno
Sumber :
  • chello.nl

VIVAnews – Cucu Soekarno, Puan Maharani, membantah kabar yang menyebut Soekarno memiliki warisan senilai US$180 juta atau Rp1,74 triliun yang saat ini tersimpan di sebuah Bank Swiss.

“Kami pihak keluarga tidak tahu-menahu. Kalaupun ada yang mengatasnamakan keluarga, itu bukan berarti keluarga Soekarno,” kata Puan saat menemani ayahnya, Ketua MPR Taufiq Kiemas, berkunjung ke kantor Wakil Presiden Boediono di Jakarta Pusat, Rabu 26 Desember 2012.

Sebelumnya, sejumlah media di Austria memberitakan keberadaan harta milik Presiden RI Soekarno. Dalam berita itu, seorang mediator keuangan asal Austria bernama Gustav Jobstmann mengaku dapat mencairkan dana Soekarno itu asal uang itu bisa diinvestasikan di negaranya.

Menurut Puan, ibunya sendiri yang merupakan putri Soekarno, Megawati Soekarnoputri, pernah mengatakan kepadanya bahwa tidak ada harta Soekarno seperti yang diberitakan media asing. “Belum terbukti,” kata Puan.

Pemberitaan media Austria juga menyebutkan nama Edy Sukanto sebagai salah satu pewaris harta Soekarno di Swiss. Puan pun mengatakan keluarganya tidak mengenal Edy.

Warga Jangan Lupa Isi E-Toll, Ada 16 Ribu Kendaraan Saldo Kurang saat Pergi Mudik

“Kami tak mengenal siapa dia, dan dia tidak masuk dalam keluarga Soekarno. Sepengetahuan saya sejak saya lahir sebagai cucu Bung Karno, saya tidak pernah tahu dan mengenal siapa dia,” ujar Puan.

Keluarga Soekarno menegaskan tidak ingin terlibat dan ikut campur terlalu jauh dengan pemberitaan tersebut. “Cukup, karena memang tidak ada hubungannya dengan keluarga kami,” kata Puan. (umi)

Ilustrasi perempuan bahagia

Karsa, Kriya, dan Karya, 3 Unsur Penting dalam Peningkatan Kompetensi Perempuan Indonesia

Pemberdayaan perempuan tidak hanya penting untuk mencapai kesetaraan gender, tetapi juga untuk mempercepat pembangunan ekonomi, sosial, dan politik suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024