Gatot Pujo Subroto Dilantik Sebagai Gubernur Sumut

Pelantikan Gubernur Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVAnews/Harry Ondo Saragih

VIVAnews - Sempat gagal dilantik pada 28 Februari lalu, akhirnya Gatot Pujo Nugroho secara defenitif dilantik menjadi Gubernur Sumatera Utara oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, Kamis 14 Maret 2013. Pelantikan ini digelar di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan dan dihadiri 87 dari 100 anggota DPRD Sumut.

Acara pelantikan Gatot sebagai gubernur dipimpin Ketua DPRD Saleh Bangun. Acara berlangsung tertib, tanpa ada interupsi apapun dari anggota dewan selama proses pelantikan berlangsung.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Pelantikan Gatot Pujo Nugroho dilakukan satu hari menjelang pengumuman pemenang Pilgub Sumut, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari hasil hitung cepat, Gatot Pujo Nugroho yang berpasangan dengan Tengku Erry Nuradi menang satu putaran dalam Pilgub Sumut.

Gatot akan kembali dilantik sebagai Gubernur Sumut untuk masa jabatan lima tahun kemudian jika hasil hitung KPU juga mengunggulkan pasangan ini.

Mendagri Gamawan Fauzi meminta Gatot menjalankan agenda penting dalam sisa masa jabatannya saat ini, sekitar 3 bulan. “Agenda penting itu berupa Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan). Ini penting untuk kesejahteraan masyakat di Sumatera Utara,” kata Gamawan.

Sebelumnya, Gatot merupakan Wakil Gubernur Sumut untuk periode 2008-2013. Mantan Ketua DPW PKS Sumut ini kemudian menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut setelah Gubernur Syamsul Arifin jadi terdakwa kasus korupsi.

Setelah dilantik, Gatot langsung menuju tempat duduk ibu mertuanya. Bersama istrinya, Sutiyas Handayani, Gatot langsung  bersujud dan sungkem.

Selain Mendagri Gamawan Fauzi, pelantikan juga dihadiri anggota DPRD Sumut bersama sejumlah kepala daerah di Medan. Jajaran Muspida Sumut, seperti Kapolda Irjen Wisjnu Amat Sastro dan Pangdam I BB Mayjen Loudewijk F Paulus juga tampak hadir.  Sejumlah kepala perwakilan negara sahabat di Medan juga ikut menghadiri. (sj)

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024