Aburizal: Angkot Perlu Tiru Maskapai Lion Air

Aburizal Bakrie Kunjungi Korban Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
- Tokoh Nasional yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, punya tips agar angkutan kota (angkot) di Jakarta bisa laris dan jadi pilihan. Kuncinya, kata Aburizal, adalah meniru cara maskapai penerbangan Lion Air dalam menjaring dan melayani penumpang.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

"Seperti Lion Air. Kuncinya harga murah. Fasilitas memang tidak mewah, tapi cukup nyaman. Saya pernah naik Lion Air cukup nyaman," ujar Aburizal saat memberikan ceramah kewirausahaan di hadapan para sopir dan pengusaha angkutan kota (angkot) se-Jakarta yang tergabung dalam Koperasi Wahana Kalpika (KWK), di GOR Sunter, Jakarta.
Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal


ARB, sapaan Aburizal, mengatakan, dia sudah memprediksi Lion Air bakal besar, dan saat masih jadi menteri menyampaikan hal itu pada maskapai BUMN, namun maskapai BUMN tidak percaya dan yakin Lion Air bakal bangkrut dengan tarif murah tapi fasilitas bagus.


Namun ternyata Lion Air bertahan dan bertambah besar, bahkan bisa membeli pesawat baru cukup banyak. Hal ini, kata ARB harus ditiru angkot, namun dengan konteks berbeda.


"Intinya adalah bagaimana memberikan kenyamanan tapi dengan menekan harga. Ini bisa dilakukan dengan menekan atau mengurangi ongkos operasional," ungkapnya.


KWK sebagai koperasi angkot, kata ARB harus yakin dan berusaha untuk besar. Lion Air, kata dia dulunya juga dari kecil dan tidak langsung besar.


Maka jika angkot meniru langkah maskapai tersebut, ARB yakin bisa menjadi besar juga. "Harga dan service, akan jadi kata kunci perusahaan, koperasi angkot juga perusahaan, yang melayani masyarakat," tegasnya.


Laporan Dian W


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya