Berantas Premanisme, Polisi Bantul Bidik Debt Collector

Ilustrasi debt collector
Sumber :
  • http://mystys.wordpress.com

VIVAnews - Kepolisian Resort Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan aksi premanisme.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Langkah ini melanjutkan perintah Presiden kepada Kapolri dan jajaran di bawahnya untuk memberantas premanisme agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas.

Kabag Ops Polres Bantul, Kompol Tb M Faisal, mengatakan beberapa daerah yang dikatakan rawan tindak premanisme merupakan daerah perbatasan dengan Kota Yogyakarta dan juga pusat-pusat perekonomian seperti pasar-pasar, swalayan, dan terminal yang ada di Kabupaten Bantul.

"Daerah itu bisa dikatakan sangat berpotensi terjadinya tindakan premanisme yang punya arti melakukan pemerasan atau memberikan jasa yang tidak perlu diberikan namun harus diberi imbalan," kata Faisal di Mapolres Bantul, DIY, Rabu 10 April 2013.

Tindakan yang jelas bisa dikatakan premanisme bahkan menjurus ke tindak pidana adalah penarikan kendaraan kreditĀ  macet oleh debt collector. Baik yang resmi dari peruasahan maupun debt collector yang dimintai bantuan oleh leasing tertentu.

"Saat penarikan kendaraan maka seorang debt collector harus didampingi polisi. Karena polisi yang punya kewenangan menyita kendaraan yang mengalami kredit macet. Terkadang justru terjadi perampasan oleh debt collector yang berujung pada tindak pidana," katanya.

Menurut Faisal, Polres Bantul sendiri punya data jumlah debt collector yang sering beroperasi di wilayah Bantul. Dalam menjalankan tugasnya, para debt collector itu tidak melibatkan polisi sebagaimana perjanjian yang pernah ditandatangani oleh leasing dengan Polda DIY beberapa waktu lalu.

"Saya pernah menemui pemilik kendaraan yang bertemu debt collector yang akan meminta sepeda motornya karena kredit macet. Di tempat tersebut terjadi cekcok. Setelah saya datangi justru debt collector-nya kabur. Ini jelas tindak premanisme," tegasnya.

Mantan Kasat Lantas Polres Bantul ini mengaku sebelum ada tindakan represif maka tindakan preventif dengan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga yang rawan menjadi sasaran preman, terus digalakkan. Langkah pencegahan dengan patroli keliling di lokasi potensi terjadinya aksi premanisme.

"Kami juga mengimbau masyarakat jika menemui tindakan premanisme segera melapor agar segera kami tindak lanjuti," ujarnya menghimbau. (eh)

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Sekretaris Jenderal PKS hadir dalam pengumuman KPU kepada presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran. Ia turut mengucapkan selamat kepada KPU.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024