Selain Agus Marto, SBY Juga Cari Pengganti Marie Elka

Presiden SBY melihat kebakaran di Gedung Setneg dari kantornya
Sumber :
  • Setpres/ Abror Rizky
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tengah mempertimbangkan kemungkinan melakukan perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II dalam waktu dekat. Ini menyusul terpilihnya Menteri Keuangan, Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Panglima TNI serta Kapolri yang akan memasuki masa pensiun.
Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, nama Marie Elka Pangestu juga dinominasikan salah satu kandidat dirjen WTO dalam waktu dekat. 
Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
"Kalau diasumsikan Marie Elka juga terpilih menjadi Dirjen WTO, maka posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga akan kosong dan itu berarti akan ada pergantian juga di sana," kata Julian di kantor Presiden, Jakarta, Kamis 11 April 2013.

Pake Obat Kuat Malah Ga Berasa Apa-Apa di atas Ranjang, Kok Bisa? Begini Penjelasannya
Julian mengatakan belum mengetahui pula siapa pengganti posisi Marie Elka nantinya. Presiden SBY, lanjutnya, masih mempertimbangkan nama-nama pengganti yang akan mengisi pos-pos kosong di dalam kabinetnya. 

Mengenai pengumuman pengisi posisi itu, kata dia, juga masih menunggu saat yang tepat.

"Bapak presiden mempertimbangkan hal lain yang lebih khusus," ujar dia.

Dalam rapat kabinet terbatas bidang ekonomi hari ini, Menkeu Agus Marto tak tampak hadir. Posisinya digantikan oleh Wakil Menkeu.

"Ada perwakilannya, karena kementerian teknis kan ada wakilnya, tapi pada dasarnya membahas pematangan isu-isu yang krusial. Tapi sifatnya ini masih pembahasan-pembahasan saja," ungkapnya.

Kemarin, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih mengolah perombakan kabinet yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Sudi belum bisa memastikan siapakah menteri yang akan diganti, selain Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang telah terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution untuk periode 2013-2018.

"Bisa diganti, bisa perombakan.  Ada proses yang masih harus dilalui. Nanti akan diumumkan," ujarnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya