Lemahnya Safety Management System Pesawat Indonesia

Evakuasi pesawat Lion Air di Bali
Sumber :
  • ANTARA/.HO-Polda Bali
VIVAnews
Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
- Pengamat penerbangan, Ruth Hanna Simatupang, melihat masih lemahnya Safety Management System (SMS) dan monitoring, menambah daftar panjang jumlah kecelakaan di pesawat Indonesia.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

"Ini akan terus terjadi, terus bergilir sebab faktor monitoring di maskapai Indonesia belum sepenuhnya berjalan," kata Ruth kepada
Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang
VIVAnews.

Menurutnya, tak hanya dari sisi monitoring yang belum transparan, pemerintah harusnya juga menjelaskan pentingnya melakukan pengecekan keamanan pesawat sebelum melakukan penerbangan.


"Misalnya untuk ban pesawat, kalau sudah waktunya diganti ya diganti, jangan hanya mementingan provit," ujarnya


Ruth menilai, tidak ada yang sulit untuk menerapkan Safety Management System (SMS), sebab hal tersebut sudah menjadi prosedur dasar yang harus dilakukan setiap maskapai penerbangan.


Namun untuk mendukung berjalan sebuah sistem, lanjutnya, diperlukan peran serta dan dari pemerintah, hal ini untuk memastikan apakah sistem tersebut sudah berjalan dengan benar.


"Kuncinya di keamanan sendiri, dan buktinya negara yang melakukan hal tersebut dengan benar, angka kecelakaan jauh bisa di tekan, misalnya di negara Australia dan Singapura," jelasnya.


Sebelumnya diberitakan, Pesawat Lion Air dengan rute penerbangan Bandung- Denpasar jatuh ke laut dekat Bandara Ngurah  Rai, Bali. Menurut keterangan Direktur Umum PT Lion Air, Edward Sirait, tidak ada maslaah cuaca terkait kecelakaan ini.


Ia pun mengatakan, akan segera membuka posko sebagai info untuk para keluarga korban yang ingin mengetahui informasi kecelakaan ini secara pasti.


Seperti diketahui dalam kecelakan pesawat Lion Air, terdapat total penumpang berjumlah 101. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 15:35 WITA.  Dan saat ini posko untuk mengetahui informasi soal kecelakaan sudah mulai dibuka kantor Lion Air, Jalan Gajah Mada No.7 , Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya