Luthfi Fasilitasi Pertemuan Elizabeth dengan Menteri Pertanian

luthfi hasan ishaq diperiksa kpk
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel
Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq, memfasilitasi pertemuan Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman dengan Menteri Pertanian Suswono di Medan, Sumatera Utara.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), M Rum, menyebutkan pada 11 Januari 2013 kedua belah pihak tersebut akhirnya bertemu di Hotel Aryaduta Medan.
Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya


Sebelumnya Soewarso, orang dekat Suswono, menghubungi Elizabeth Liman agar menghadap Mentan Suswono pada pukul 06.00 WIB di Hotel Santika Medan.


"Namun kemudian Soewarso dihubungi Luthfi supaya memberitahukan kepada Suswono bahwa pertemuan akan dilakukan di kamar Luthfi, yaitu kamar nomor 9006 Hotel Aryaduta Medan," ujar M Rum saat membacakan dakwaan dua terdakwa kasus korupsi kuota impor daging sapi Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 24 April 2013.


Kemudian, Elizabeth bersama dengan Ahmad Fathanah menuju kamar Luthfi. Tak lama kemudian datang Suswono bersama Soewarso.


Selanjutnya, Elizabeth melakukan presentasi tentang perlu adanya penambahan kuota impor daging sapi tahun 2013. Serta menyampaikan data-data tentang kebutuhan riil daging sapi dan adanya praktik jual-beli surat persetujuan impor daging sapi yang dilakukan oleh beberapa perusahaan, sehingga menyebabkan harga daging sapi menjadi tinggi.


"Namun, Suswono menanggapinya dengan mengatakan bahwa data yang disampaikan Elizabeth tidak valid dan harus dikaji lebih dulu serta memintanya menyerahkan daftar perusahaan-perusahaan yang melakukan praktik tersebut," kata jaksa.


Saat hendak kembali ke Jakarta, di Bandara Polonia Medan, Elizabeth menegaskan komitmennya kepada Ahmad Fathanah dan Elda Devianne Adiningrat bahwa jika penambahan kuota impor daging sapi PT Indoguna Utama disetujui oleh Kementan, maka ia akan memberikan fee sebesar Rp5.000 per kilogram. Dan ketika itu dijawab Fathanah, "Oh, iya kita lihat nanti."


Kasus suap impor daging ini bermula dari operasi tangkap tangan di sebuah hotel di Jakarta. Saat itu penyidik menangkap tiga orang saat sedang menyerahkan uang suap senilai Rp1 miliar. Ketiga orang itu yakni, Arya Abdi Effendi, Juard Effendi dan Ahmad Fathanah. Sementara satu orang lainnya, Luthfi Hasan Ishaq ditangkap di kantor DPP PKS.


KPK menyatakan, keberhasilan operasi ini merupakan hasil penyelidikan dan laporan masyarakat. Bahkan, KPK diketahui memiliki rekaman percakapan pihak-pihak dalam kasus suap impor daging.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya