Zulkarnaen: Fahd A Rafiq Minta Dihubungkan ke Panitia Lelang Kemenag

Fahd El Fouz atau Fahd A Rafiq
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews
Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman
– Terpidana kasus korupsi pengurusan anggaran pengadaan kitab suci Alquran dan pengadaan komputer untuk Madrasah Tsanawiyah di Kementerian Agama, Fadh El Fouz alias Fadh A Rafiq, diketahui menghubungi terdakwa Zulkarnaen Djabar saat rapat Badan Anggaran DPR digelar tanggal 26 Oktober 2011.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Hal itu terungkap dalam rekaman pembicaraan antara keduanya yang diputar dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 25 April 2013. Posisi Fadh, saat menghubungi Zulkarnaen, diketahui berada di kantor Kementerian Agama.
Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet


Rekaman yang diputar pertama kali adalah pembicaraan pada pukul 16.52 WIB. Fadh mengadu kepada Zulkarnaen bahwa Ketua Panitia Proyek Lelang IT Kemenag, Afandi, tidak kunjung menemuinya. “Ini sudah lama tunggu dia. Tadi dia (Afandi) omong di dalam. Dia enggak mau terima-terima. Kami ini lama nunggu,” ujar Fadh.


Lalu dijawab oleh Zulkarnaen, “Iya, dia sedang berbicara dengan mitra. Sabar saja dulu. Tadi saya sudah bicara sama Mr A dan Mr S.”


Kemudian Fadh berkali-kali mengatakan tak sabar karena sudah menunggu lama. Zulkarnaen pun meyakinkannya untuk menunggu. Zulkarnaen juga mengatakan kepada Fadh, dia sedang rapat di DPR.


Jaksa kemudian bertanya kepada terdakwa Zulkarnaen, siapa Mr A dan Mr S yang dimaksudkannya dalam rekaman pembicaraan tersebut. “Afandi dan Syamsuddin (staf Kemenag). Saya sudah jelaskan ke Afandi, dia mau terima si Fadh dan kawan-kawan di ruang kerjanya itu,” jawab Zulkarnaen.


Fadh diketahui menghubungi Zulkarnaen untuk yang kedua kalinya di hari yang sama pada pukul 17.33 WIB. Dia kembali mengeluhkan Afandi yang tak mau menerimanya. “Sudah dua jam setengah ini, Bang. Aduh, masak begini,” kata dia.


Keluhan Fadh itu dijawab oleh Zulkarnaen, “Iya tunggu, kami juga marah di sini. Saya sudah bilang, saya lagi rapat ini.”


Fadh mengatakan, saat itu telah mengirimkan pesan ke Afandi melalui BlackBerry Messenger (BBM), namun tak ditanggapi.


Sambungan telepon Fadh kepada Zulkarnaen berikutnya adalah pukul 17.37 WIB. Oleh karena Fadh terus mengeluh, akhirnya Zulkarnaen memberikan telepon kepada Said Abdullah, anggota Badan Anggaran DPR yang tengah rapat bersamanya.


Said meminta Fadh bersabar menunggu Afandi di Kemenag. Namun Fadh melaporkan bila Afandi sudah keluar dari ruangannya.


Terkait rekaman tersebut, Zulkanaen mengakui bahwa itu adalah suaranya. Dia pun mengeluhkan kepada jaksa sikap Fahd yang berulang kali menghubunginya. “Karena saya juga sudah kewalahan. Ada teman saya di situ, saya kasih Said karena dia (Fadh)
ngeyel
terus. Kami juga lagi ada rapat Banggar waktu itu,” kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya