Pengacara: Susno Ada di Bandung

Mantan kabareskrim Polri Susno Duadji
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mantan Kabareskrim Susno Duadji sempat dikabarkan menghilang setelah gagal dieksekusi oleh tim jaksa Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Bahkan Polda Jawa Barat yang memediasi kedua belah pihak, juga belum dapat memastikan keberadaan Susno.

Namun pengacara Susno, Fredrich Yunadi membantah kliennya sengaja menghilang. Menurutnya, Susno berada di daerah pemilihannya di Bandung, Jawa Barat.

"Pak Susno saya dapat informasi terakhir beliau ada di Dapilnya, di Bandung," kata Fredrich kepada VIVAnews, Minggu, 28 April 2013. Susno merupakan calon legislatif dari Partai Bulan Bintang untuk Dapil Jawa Barat 1.

Sebelumnya pada Rabu malam kemarin, Susno sebenarnya akan langsung dijebloskan Kejaksaan ke tahanan Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, terkait vonis pengadilan yang menjatuhinya hukuman 3 tahun 6 bulan penjara atas kasus korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat.

Namun Susno gagal dibawa ke Lapas Sukamiskin dan malah dibawa ke Mapolda Jabar untuk bernegosiasi dengan tim jaksa gabungan yang hendak mengeksekusinya. Susno sendiri sebelumnya telah meminta perlindungan dari Polda Jabar.

"Rabu malam itu pulang ke Jakarta, itu saya kawal. Pulang ke LPSK, karena Pak Susno ada dibawah perlindungan LPSK," ujar Fredrich.

LPSK sendiri menyatakan tak pernah memberikan perlindungan fisik terhadap mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji. Perlindungan yang diberikan institusi itu kepada Susno hanya berupa pendampingan dan pemenuhan hak prosedural.

"Ini karena posisi Susno sebagai terpidana, dan fisiknya dalam penguasaan aparat penegak hukum," kata Juru Bicara LPSK, Maharani Siti Sophia. Ia juga membantah Susno berlindung di kantor LPSK. "Sejak keberadaan Susno terakhir kali diketahui di Polda Jabar, Susno tak pernah datang ke LPSK," ujar Rani, Sabtu 27 April 2013.

Rani mengatakan, selama ini peran LPSK dalam melindungi Susno antara lain memohon keringanan kepada majelis hakim agar Susno memperoleh vonis hukuman lebih ringan dari tuntutan jaksa. "Berdasarkan permintaan Susno dan penilaian LPSK, perlindungan terhadap Susno sejak April 2010 telah diperpanjang selama 3 kali," kata dia. (eh)

Bandara Dubai Banjir Hebat, Peristiwa Cuaca Bersejarah yang Mengguncang UEA
Fortuner dengan pelat TNI viral di sosial media

Pengemudi Fortuner Arogan Ditangkap, Ini Ancaman Hukuman Pakai Pelat TNI Palsu

Pengemudi Fortuner aroga yang memakai pelat nomor TNI akhirnya ditangkap pihak kepolisian. Ada beberapa sanksi hukuman kepada pemilik kendaraan dengan pelat nomor palsu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024