Mendikbud: Kurikulum 2013 Diterapkan Bertahap

Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh memastikan kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2013/2014 secara bertahap di tiap jenjang. Hal ini disampaikan Nuh saat menggelar konferensi pers hari pendidikan, hari ini, Kamis, 2 Mei 2013.
Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Nantinya kurikulum baru dilaksanakan secara bertahap, misalnya kelas satu sampai empat untuk jenjang SD, kelas tujuh untuk SMP dan kelas sepuluh untuk SMA," ujar Nuh.
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Kurikulum baru ini menjadi polemik panas di masyarakat. Pro kontra itu pun membetot perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden SBY menggelar rapat kabinet terbatas terkait persiapan penerapan kurikulum pendidikan 2013 pada 2 April lalu.
Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

SBY mengatakan bahwa diperlukan pembahasan di tingkat kabinet agar manakala kurikulum ini diberlakukan, tidak ada lagi persoalan di tingkat implementasinya. SBY mengaku selama ini mengikuti adanya dinamika pro dan kontra di masyarakat terkait kurikulum baru ini. Meski ada banyak pandangan, ia berharap jangan sampai kurikulum berubah karena adanya pergantian menteri.

"Jangan sampai ganti menteri, ganti kurikulum. Atau perubahan kurikulum ini memberikan beban ke orangtua terutama yang kurang mampu karena harus siapkan buku teks baru. Pandangan seperti itu harus didengar," ujarnya. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya