Gunung Merapi Hembuskan Asap Putih Kehitaman

Merapi dipantau dari Desan Sidorejo, Kemalang
Sumber :
  • Heru Lesmana/VIVAnews
VIVAnews -
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Sabtu, 18 Mei 2013, Gunung Merapi mengeluarkan asap putih kehitaman. Gunung di Jawa Tengah ini meletus  hebat pada 2010 dan menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk juru kunci Mbah Maridjan.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Kepulan asap putih kehitaman itu terpantau di 7 kilometer (km) dari puncak Merapi saat cuaca sangat cerah. Kepulan asap ini juga terpantau dari pos pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Jrakah, dan Babadan Magelang.
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Surono ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan kepulan asap putih kehitaman mengepul secara vertikal dengan ketinggian sekitar 800 meter. “Kepulan asap putih kehitaman itu berasal dari kawah yang berada di sisi barat laut,” jelas Surono.


Meski kawah barat gunung Merapi mengeluarkan kepulan asap putih kehitaman, Surono memastikan aktivitas Merapi masih normal. “Tidak ada aktivitas yang mencolok di Gunung Merapi."


Hal ini ditandai dengan tidak adanya peningkatan aktivitas kegempaan. Sehingga, dia berkesimpulan, status Merapi masih normal aktif.   (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya