Wanda Hamidah: Soal KJS, Saya Tak Tahu Makhluk INA-CBGs

Wanda Hamidah Memberi Keterangan di DPP PAN
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Anggota Komisi Bidang Kesehatan DPRD DKI Jakarta, Wanda Hamidah, marah kepada Dinas Kesehatan DKI, Kamis 23 Mei 2013. Ia merasa tidak pernah diberi kabar pelaksanaan program Kartu Jakarta Sehat yang bermasalah ini.

Wanda mengatakan, Komisi E tak tahu kapan Pemprov menunjuk PT Askes sebagai rekanan program KJS. "Kami baru tahu ini setelah berlaku 1 April. Prosesnya bagaimana ini?" katanya.

Wanda bahkan tak mengerti bahasa dan istilah yang dipaparkan Dinas Kesehatan. "Saya tidak tahu makhluk apa itu INA-CBGs. Ini tidakĀ  disosialisaikan Pemrov kepada kami di DPRD. Bagaiman sosialisasi ke masyarakat lain?" katanya.

INA-CBGs adalah tarif paket dalam program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) berdasarkan jenis penyakit atau diagnosisi dan prosedur pelayanan yang berkaitan dengan mutu serta efektivitas pelayanan. Kebijakan ini juga untuk pengendalian biaya rumah sakit.

Pada paket ini, Pemprov DKI harus membayar premi asuransi kesehatan kepada PT Askes sebesar Rp23.000 per kepala per bulan. Namun premi ini dinilai tak layak. Karena itu, 16 rumah sakit rekanan menyatakan mengundurkan diri.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Mantan presenter ini mengaku sebagai legislatif seharusnya ia dan rekannya mengetahui program ini. "Kami tidak bisa membandingkan karena informasi detail tidak bisa dapatkan. Kami tidak mau masyarakat miskin jadi kelinci percobaan BPJS ini," katanya.

Baginya tidak salah bila ada penolakan dari 16 rumah sakit. Sosialisasi dan semua pemaparan program ini sangat diplomatis. Ini memperburuk kondisi masyarakta dan citra rumah sakit. (umi)

Nassar dan Irish Bella

Irish Bella Dijodohkan dengan King Nassar, Netizen: Janda Ketemu Duda Semoga Berjodoh

Tepat pada hari ini, Irish Bella tengah merayakan ulang tahun yang ke-28 tahun. King Nassar yang mengenal baik Irish Bella itu mengunggah foto mereka berdua.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024