Ada Kaliber dan Brownies di Kasus Simulator SIM

Tersangka simulator SIM Didik Pramono
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia (ITI), Sukotjo Sastronegoro Bambang, terus 'bernyanyi' soal dugaan korupsi pengadaan simulator SIM anggaran 2011 saat bersaksi di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat 24 Mei 2013. Sukotjo mengungkap istilah 'kaliber' dan 'brownies.'

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Dua istilah ini keluar saat dia menjelaskan aliran dana Rp50 juta kepada Wakil Kepala Korps Lalulintas Polri saat itu, Brigjen Pol Didik Purnomo. Uang itu untuk memuluskan komunikasi antara Sukotjo dengan Kakorlantas saat itu, Djoko Susilo.

Menurutnya, uang itu diberikan kepada Didik atas permintaan staf Korlantas bernama Nyoman dan Heru. Kedua staf itu, masih kata Sukotjo, beralasan Wakorlantas kurang diperhatikan oleh Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA), Budi Susanto.

"Nyoman dan Heru bilang, Budi tidak pernah memperhatikan Didik. Diperhatiin lah, kasih dana. Sekali-kali bawa kaliber 50 atau 100," ujar Sukotjo mengutip perkataan Heri dan Nyoman.

Sukotjo menjelaskan yang dimaksud kaliber 50 adalah uang senilai Rp50 juta, sedangkan kaliber 100 adalah Rp100 juta.

Kemudian Sukotjo menyiapkan uang senilai Rp50 juta untuk Didik. Uang itu dikemas dalam kardus brownies. "Saya bilang sudah ada nih barangnya. Kemasannya oleh-oleh Bandung dalam brownies. Diantar Pak Indra ke ruangan Pak Waka," ungkap dia.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Masalah uang Rp50 juta untuk Didik ini masuk dalam dakwaan Djoko Susilo. Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut, Didik menerima Rp50 juta dari proyek simulator SIM. Baca selengkapnya di .

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024