Cagub PDIP Tak Bisa Nyoblos di Pilgub Jateng

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq (Solo)
VIVAnews
Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc
- Sebanyak 27.385.985 warga Jawa Tengah hari ini, akan memberikan suaranya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Ketua KPU Jawa Tengah, Fajar Subhi AKA mengatakan pemungutan suara dimulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah disiapkan.
Wamenkeu: Konflik Israel Vs Iran Kita Perhatikan Sangat Serius 


"Jumlah TPS ada 61.951. Pencoblosan dimulai pukul 07.00 sampai 13.00," kata Fajar, Minggu 26 Mei 2013.


Calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Gubernur yang diusung enam partai koalisi yaitu Don Murdono tidak ikut memberikan suara dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Hal itu disebabkan karena Ganjar dan Don tidak memiliki KTP Jawa Tengah.


Diketahui Ganjar adalah mantan anggota DPR RI yang masih ber-KTP Jakarta walaupun berasal dari Karanganyar, sedangkan Don Murdono meskipun asli Semarang ia adalah mantan Bupati Sumedang.


Anggota KPU Jateng Divisi pencalonan, Nuswantoro Dwiparno mengatakan Ganjar dan Don hingga saat ini belum memiliki KTP Jawa Tengah, sedangkan aturan yang berlaku, pemilih terdaftar sebagai warga Jawa Tengah sesuai KTP.


"Memang seperti itu aturannya. Seperti Jokowi saat mencalonkan sebagai Gubernur Jakarta," kata Nuswantoro.


Ganjar saat ini berada di Kutoarjo untuk membantu ayahnya datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Sedangkan pasangannya, Heru Sudjatmoko di TPS 10 Kelurahan Purbalingga Lor, Kabupaten Purbalingga.


Sementara di TPS 2 Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur Semarang incumbent Bibit Waluyo akan menggunakan hak pilihnya. Untuk pasangannya, Sudijono Sastroatmodjo di TPS 17 Sampangan Semarang.


Tiga pasangan cagub-cawagub yang akan bersaing adalah Hadi Prabowo-Don Murdono yang memperoleh nomor urut 1 diusung enam partai koalisi yaitu PKS, PKB, PPP, PKNU, Partai Gerindra, Partai Hanura.


Sedangkan nomor 2 yaitu Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo diusung tiga partai koalisi yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN. Untuk urutan nomor 3 yang diusung oleh PDIP adalah Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya